Makan sahur tidak hanya penting untuk memastikan kita cukup energi saat berpuasa di bulan Ramadan, tetapi juga adalah salah satu sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah S.A.W. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik dijelaskan bahwa Rasulullah S.A.W bersabda, “Sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur terdapat berkah.” 

Walaupun dalam praktiknya tidak ada panduan khusus dalam Islam tentang apa saja yang harus dimakan saat sahur, namun ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dimakan saat sahur nih, Moms karena bisa mengganggu kelancaran puasa. Apa saja? Mari kita simak ulasannya. 

Makanan tinggi garam 

Dikutip dari laman British Nutrition Foundation, saat sahur sebaiknya kita menghindari makanan-makanan yang terlalu asin. Hal ini karena ini akan membuat kita merasa lebih haus saat berpuasa nantinya. Makanan-makanan ini termasuk keju keras, asinan, daging olahan (seperti sosis, daging asap), ikan asin, camilan-camilan ringan, saos-saos botolan, dan makanan kaleng. 

Makanan berminyak dan berlemak tinggi 

Makanan berminyak dan berlemak tinggi lebih sulit dicerna oleh tubuh, sehingga kalau kita mengonsumsinya saat sahur, tubuh kita akan bekerja keras dan membuat kita menjadi lebih cepat lelah saat berpuasa. Ketimbang menggoreng makanan, Moms bisa mencoba menumis, memanggang, merebus, atau mengukus makanan untuk sahur keluarga. 

Makanan tinggi gula 

Ketika kita berpuasa, gula darah kita akan secara wajar mengalami penurunan karena tidak ada asupan kalori yang diterima tubuh. Makanya makanan tinggi gula termasuk ke dalam makanan yang sebaiknya tidak dimakan saat sahur, karena akan membuat gula darah meningkat secara cepat dan menurun dengan cepat pula. Lonjakan dan penurunan yang drastis ini akan membuat Moms menjadi pusing dan lemas. Jika Moms menginginkan makanan yang manis, Moms bisa mencoba mengonsumsi buah-buahan atau puding susu. 

Terus apa dong sebaiknya yang dikonsumsi saat sahur? Moms bisa memasukkan karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau ubi, sayur-sayuran, makanan tinggi protein seperti telur dan dada ayam, dan juga jangan lupa, air putih. 

O ya, saat sahur makanlah pelan-pelan dan sedikit demi sedikit ya, Moms. Makan sekaligus dalam porsi besar dengan terburu-buru bisa mengakibatkan perut menjadi tidak enak dan menaikkan asam lambung. Selamat berpuasa!