Pandemi global  Covid-19 ini, telah berdampak pada seluruh lapisan masyarakat dan semua bidang. Pusat perbelanjaan tutup, destinasi wisata sepi pengunjung, hingga penerbangan membatalkan keberangkatan. Dampaknya juga terasa pada kehidupan pasangan rumah tangga baru. Honeymoon yang telah direncanakan secara matang,  terpaksa harus ditunda- yang entah sampai kapan, demi mencegah tertularnya diri dari Covid-19. 

Nah, buat Anda yang baru saja memasuki bahtera rumah tangga, dan mencari ide kegiatan yang bisa dilakukan bersama yang tercinta, coba deh, buat agenda pre-honeymoon di rumah selama karantina ini. Kegiatan ini tidak kalah manis dengan ‘honeymoon’ sungguhan, kok. Karena pada dasarnya,  segala yang dilakukan berdua akan terasa istimewa, bukan?  Berikut alternatif kegiatan bulan madu di rumah atau homeymoon:

 

  • Mengubah rumah menjadi “destinasi” bulan madu

 

Ingin merasakan tidur di kamar hotel? Coba deh, dekorasi ulang kamar tidur sehingga mirip dengan kamar hotel. Misalnya menyiapkan minibar, kue, dan cokelat. Melipat handuk seperti angsa, hingga menghias tempat tidur menggunakan petal bunga. Intinya, membuat suasana rumah menyenangkan dan romantis. Anda juga bisa menjadikan ini surprise kecil untuk si dia, lho.

 

  • Jauhkan diri dari berita dan nikmati waktu bersama

 

Simpan laptop dan ponsel, atau apa pun yang dapat mengalihkan perhatian dari pasangan. Terutama berita-berita yang dapat mempengaruhi suasana hati dan membuat aura menjadi negatif. Selama waktu ini, sebaiknya juga nonaktifkan media sosial, juga kotak surat elektronik, hingga jam beker. Habiskan waktu berdua. Kapan lagi kan, kalian yang biasanya sama-sama sibuk bisa puas menghabiskan waktu berdua saja.

 

  • Bermain board game atau puzzle

 

Memecahkan teka-teki pada permainan papan dapat membangun kedekatan dan keintiman dengan pasangan. Bermain bersama pasangan juga dapat menimbulkan tawa dan mengurangi stres, meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri, menurunkan tekanan darah, hingga memperkuat hubungan fisik dengan pasangan. Anda dapat membuat konsep hukuman dan hadiah agar permainan menjadi lebih seru dan tak terlupakan.

 

  • Memasak bersama

 

Kegiatan satu ini tidak boleh ketinggalan. Banyak manfaat memasak secara psikologis. Memasak bersama dapat membangun komunikasi menjadi lebih baik dengan pasangan. Seorang penulis dan penggiat Emotional Focussed Therapy (EFT), Dr. Sue Johnson, mengungkapkan bahwa memasak sebagai terapi pasangan memunculkan sifat proaktif dan ikatan emosional, bahkan dapat memperbaiki 90% hubungan. Setiap kegiatan yang dilakukan bersama-sama dengan penuh perhatian dan keterlibatan, sangat baik untuk bonding bagi pasangan.

 

  • Dansa

 

Kegiatan yang biasanya ada di film romantis ini tidak ada salahnya ditiru. Menurut penelitian, berdansa dengan pasangan dapat membangun rasa kepercayaan dan perasaan positif lainnya. Dansa atau menari secara umum juga dapat mengurangi perasaan gelisah dan depresi. Menari juga merupakan bentuk ekspresi diri. Pasang musik pengiring dari gadget, ubah ruang tengah rumah menjadi lantai dansa pribadi. 

 

  • Menulis surat

 

Salah satu ide untuk mengeksplor kegiatan bersama pasangan saat homeymoon adalah menulis surat untuk pasangan atau anak di masa depan. Tulis apa yang ingin disampaikan  pada pasangan dan anak di usia 17 tahun, misalnya. Selain manis, menulis surat akan membangkitkan rasa cinta dan kesetiaan  pada pasangan. Menulis surat juga bisa membuat pasangan merasa lebih dihargai dan dicintai.

 

  • Mendiskusikan masa depan bersama

 

Setelah menulis surat, diskusikan kehidupan rumah tangga yang baru saja dimulai dengan pasangan. Diskusikan apa yang diharapkan pada diri pasangan, begitu pula sebaliknya. Komunikasi yang baik adalah landasan dari hubungan yang baik pula.

Oh ya,  kegiatan-kegiatan di atas tidak terbatas hanya untuk pasangan muda, lho. Moms yang sudah bertahun-tahun menikah juga bisa mencobanya, siapa tahu rumah tangga akan menjadi semakin harmonis.