Perayaan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 12 Februari mendatang merupakan acara besar dalam kalender Tiongkok, Moms. Walau masih dibalut pandemi, Moms tetap bisa merayakan datangnya Tahun Kerbau Logam (Ox), bersama keluarga dengan beberapa cara yang aman dari penularan virus.  

Baca Juga: Ide Liburan Menyenangkan Saat Pandemi

Membersihkan rumah

Membersihkan rumah sebelum tahun baru merupakan tradisi Imlek yang bertujuan untuk menyingkirkan yang lama dan menyambut kebaikan baru. Bersih-bersih biasanya dilaksanakan dua hari sebelum tahun baru untuk memastikan rumah tampak elok dan siap menerima tamu. Sementara membersihkan rumah pada beberapa hari pertama tahun baru justru dianggap berisiko “menyapu” semua keberuntungan yang masuk.

Walaupun mengingat tahun baru kali ini kemungkinan tidak ada kunjungan teman dan kerabat,  tak ada salahnya untuk tetap melakukan tradisi bersih-bersih rumah agar semangat Tahun Kerbau Logam tetap terasa.

Menyiapkan kue khas Imlek

Kue khas/tradisional Tahun Baru Imlek biasanya terbuat dari tepung ketan. Versi klasik resep ini menggabungkan gula merah dan terkadang kurma untuk memberi rasa manis. Nama Mandarinnya, nin go, hidangan ini dibalut dengan harapan atas kemakmuran. Kalau kue khas Tahun Baru Imlek di rumah Moms apa, nih?

Baca Juga: Tip Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan

Membagikan angpau

Amplop merah yang identik dengan angpau ini adalah tradisi yang paling umum saat Imlek, Moms. Biasanya berisi uang dan harapan baik bagi yang memberikan. Angpau bisa jadi adalah salah satu yang paling ditunggu-tunggu si kecil. Selain itu, Moms juga dapat menghias angpau untuk menambahkan keseruan pada perayaan tahun baru ini. 

Sementara angpau untuk keluarga dan kerabat jauh, Moms bisa mengirimkan berbagai paket atau voucher hadiah. 

Silaturahmi virtual

Melakukan video call adalah cara yang bisa dilakukan untuk tetap terhubung dengan keluarga, kerabat, teman yang biasanya Moms kunjungi saat Tahun Baru Imlek. Agar lebih seru, Moms dan keluarga bisa berdandan dan menggunakan bagian rumah yang didekorasi saat melakukan video call. 

Baca Juga: Hikmah di Balik Pandemi

Membuat dekorasi kaligrafi

Salah satu dekorasi khas Imlek adalah fai chun, spanduk berwarna merah yang dihiasi bait ucapan selamat. Beberapa orang juga suka menuliskan harapan-harapan pada fai chun. Moms bisa membuat fai chun bersama keluarga dan menambahkannya sebagai dekorasi rumah saat Tahun Baru Imlek. 

Xinnian Kuaile, Selamat Tahun Baru Imlek 2512, Moms. Semoga Tahun Kerbau Logam ini membawa kemakmuran, umur panjang, dan kekayaan.