Baru saja Presiden Jokowi mengumumkan (tanggal 2 Maret 2020) ada dua warganegara Indonesia yang positif terkena COVID-19 (sebutan dari infeksi coronavirus). Keduanya adalah seorang ibu berumur 64 tahun dan anaknya yang berusia 31 tahun, yang kemungkinan terpapar dari orang Jepang yang pernah mengunjungi Indonesia.

Apakah kita perlu panik?

Moms sebaiknya tidak panik mendengar berita mengenai kasus positif coronavirus di Indonesia.

Lalu apa yang perlu kita lakukan?

Yang paling penting kita lakukan adalah langkah-langkah pencegahan. Kita harus selalu memastikan bahwa daya tahan tubuh kita baik, agar terhindar dari infeksi virus, terutama coronavirus. Berikut beberapa tips yang bisa Moms lakukan dan terapkan pada diri sendiri maupun keluarga terdekat

  1. Pastikan kita sering mencuci tangan. Virus, bakteri, kuman bisa saja menempel pada benda-benda di tempat umum. Dan karena virus tidaklah kasat mata, jadi kita tidak bisa mengetahui di tempat mana yang steril dari virus atau kuman. Oleh karena itu, yang bisa kita lakukan adalah pencegahan, yaitu dengan sering mencuci tangan.
  2. Cuci tangan dengan benar, minimal 20 detik, dengan air mengalir dan sabun. Bersihkan seluruh bagian tangan, telapak, punggung tangan, sela-sela jari, jempol, hingga pergelangan tangan. Baca artikel ini untuk mengetahui cara mencuci tangan yang benar.
  3. Hindari menyentuh bagian muka, mata, hidung, mulut, dengan tangan yang belom dibersihkan. Cucilah tangan terlebih dahulu (atau bersihkan dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol 60-70%) sebelum menyentuh bagian wajah atau muka.
  4. Etika batuk dan bersin. Saat batuk atau bersin, sebaiknya ditutup menggunakan tissue (setelahnya harus langsung dibuang), atau dengan bagian dalam siku. Jika kita batuk atau bersin, dan menutupinya dengan telapak tangan, maka setelah itu harus sesegera mungkin mencuci tangan.
  5. Minum vitamin C setiap hari. Vitamin C minimal 1000 mg per hari dapat membantu menjaga daya tahan tubuh kita. Jika daya tahan tubuh kita kuat, maka walaupun terpapar dengan virus, atau bakteri, kekebalan tubuh kita cukup untuk melawan infeksi tersebut.
  6. Gunakan masker saat sakit, maupun saat bepergian ke tempat umum yang memiliki risiko tinggi. Gunakan masker juga jika harus bepergian ke negara-negara yang positif terjangkit coronavirus.

Screen Shot 2020-03-02 at 12.25.06

Yang penting kita jangan panik, jauh lebih penting untuk memastikan daya tahan tubuh kita terjaga, sehingga kita tidak tertular oleh infeksi coronavirus ataupun infeksi lainnya.

Hal lain yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran virus ini adalah dengan segera Social Distancing. Social Distancing adalah tindakan untuk membatasi kontak fisik atau memberi jarak interaksi dengan orang lain, beberapa contohnya adalah dengan tidak menghadiri acara atau kerumunan yg memiliki jumlah orang cukup banyak; dengan tidak keluar dari rumah jika tidak dalam keadaan mendesak; Bekerja dari rumah. Jika memang perlu untuk keluar rumah, beri jarak kurang lebih setengah sampai dengan 1 meter dengan orang lain.

Penerapan Social Distancing di beberapa negara sudah terbukti dapat mengurangi penularan virus seperti yang dijelaskan pada 2 video dibawah ini.

 

Jika Moms masih khawatir, yuk coba ikuti test singkat untuk mengetahui tingkat resiko Moms terpapar virus corona dengan cara klik link gambar berikut:

Banner Test Covid