Berpuasa selama bulan suci Ramadan adalah kewajiban bagi setiap muslim. Bila asupan dan pola makan saat sahur dan buka,  sehat dan seimbang, ibadah puasa dapat membantu proses detoksifikasi pada tubuh, yaitu pengeluaran racun yang tersimpan dalam lemak. 

Detoksifikasi ini memberikan efek pada kesehatan kulit lho, Moms. Puasa dapat menghaluskan kulit, membuat kulit tampak bersih, mencegah iritasi, mengatasi gatal-gatal, menyembuhkan jerawat, hingga memperlambat penuaan.

Namun, saat puasa kulit juga bisa menjadi dehidrasi dan kering karena tubuh kekurangan asupan cairan. Nah, untuk mencegah kulit kering saat puasa, coba praktikkan hal berikut: 

Minum air putih

Tak hanya untuk tubuh, minum air putih juga bagus untuk kesehatan kulit. Saat jam berbuka, sebaiknya perbanyak minum air putih dan menghindari minuman yang mengandung gula, seperti soda dan kopi. Kandungan kafein dalam kopi dapat membuat dehidrasi karena itu sebisa mungkin dikurangi konsumsinya. Selain air putih, Moms juga dapat mengonsumsi infused water untuk detoksifikasi, misalnya menggunakan timun, daun mint, dan lemon. Infused water dapat menghidrasi kulit karena mengandung banyak vitamin, B1, B2, B3, B5, B6, asam folat, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc.

Gunakan skincare secara rutin

Menggunakan produk pelembap kulit selama berpuasa sangat penting. Kulit kehilangan kelembapan alami karena kurangnya hidrasi selama puasa. Gunakan pelembap dan exfoliation secara rutin. Pelembap wajah dan body lotion dapat digunakan dua kali dalam sehari, setelah mandi dan sebelum tidur. Jika akan keluar rumah, gunakan SPF yang dapat melindungi kulit dari sinar UV. Penggunaan facial mist juga direkomendasikan untuk membantu “mendinginkan” wajah dan menghidrasi wajah seharian. Perawatan untuk kulit di sekitar mata juga dianjurkan, mengingat berubahnya pola tidur selama Ramadan,  yang dapat menyebabkan munculnya lingkar hitam di sekitar mata. Gunakan krim mata, masker mata, atau letakkan irisan timun di mata.

Hindari  make-up yang “berat”

Sebaiknya hindari penggunaan make up berat selama siang hari, seperti foundation dan concealer yang tebal. Kombinasi sinar matahari yang menyengat dengan make up berat, berbahaya bagi kulit dan bisa memicu munculnya jerawat. Sebaiknya, gunakan sunblock dan make up yang memiliki moisturizer, seperti BB cream dan lip balm dengan SPF.

Konsumsi camilan sehat

Saat berbuka, cukupi kebutuhan tubuh akan serat dan antioksidan dengan mengonsumsi kacang-kacangan dan beri. Makanan ini tinggi serat, rendah lemak jenuh dan kolesterol, serta sumber vitamin dan mineral. Selain menyediakan nutrisi dan hidrasi yang dibutuhkan kulit selama Ramadan, menu ini juga mencegah penuaan dini, Moms.

Gunakan fix spray

Setelah mengaplikasikan sunblock dan make up ringan, Moms dapat menyemprotkan fixing spray pada wajah. Namun sebelumnya, simpan fixing spray di dalam lemari pendingin untuk mendinginkan dan menghidrasi wajah.