Social distancing atau yang kini oleh WHO diganti menjadi physical distancing membuat kita tidak bebas keluar rumah, termasuk ke pasar atau supermarket untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tenang, Moms bisa mengakalinya dengan cukup belanja seminggu sekali atau menggunakan platform jasa belanja online. Nah, apakah bahan makanan dan sayuran yang dibeli dapat bertahan hingga seminggu? Bisa asalkan penyimpanannya dilakukan dengan cara yang tepat. Simak kiat menjaga sayuran tetap awet dan segar berikut ini.

1. Lapisi dengan kertas atau tisu

Cara ini bisa dilakukan untuk sayuran-sayuran dengan tekstur keras  seperti wortel, brokoli, kol, dan sebagainya. Simpan di wadah tertutup dengan alas tisu atau kertas kering. Tisu atau kertas berfungsi untuk menyerap kelembapan sehingga sayur tetap kering. Moms bisa menggunakan tisu dapur atau kertas koran bekas sebagai alas, dan voila sayuran Moms dapat awet hingga seminggu.

2. Simpan dalam plastik

Sayuran hijau dan beberapa buah-buahan terkenal mudah layu sehingga  tidak segar lagi. Cara mengatasinya adalah dengan menyimpannya dalam plastik dan melubanginya sedikit untuk menjaga kandungan airnya. Moms bisa menggunakan kantong plastik atau plastik wrap. Untuk sayuran yang ukurannya tidak terlalu besar,  bisa menambahkan perlindungan dengan memasukkannya ke wadah tertutup setelah dibungkus plastik.

3. Buang bagian busuk

Sebelum Moms menyimpan buah dan sayur, lebih baik periksa terlebih dahulu. Buang buah dan sayur yang sudah mulai membusuk, karena bila tercampur dengan yang lain akan membuat buah dan sayur lain yang masih segar akan ‘tertular’ busuk.

4. Simpan dalam keadaan utuh

Menyimpan buah dan sayur dalam keadaan sudah dipotong-potong akan mengurangi umur kesegarannya. Sebaiknya simpan dalam keadaan utuh supaya lebih tahan lama. 

5. Tata dengan tepat di kulkas

Kulkas memiliki beberapa rak dan sekat yang  masing-masing bagian memiliki suhu yang berbeda-beda. Misalnya, pada rak paling bawah memiliki suhu dingin yang paling stabil sehingga Moms bisa menyimpan sayuran hijau di sini. Sedangkan, di bagian atas dekat freezer memiliki suhu yang paling dingin. Nah, di rak ini, Moms  bisa menyimpan sayuran berkadar air tinggi seperti tomat, timun, dan lainnya. Simpan juga daging di bagian freezer dan telur di rak yang telah disediakan.

Bagaimana Moms? Mudah, bukan? Meski tidak belanja setiap hari demi menjaga kemanan dan kesehatan bersama, Moms tetap bisa mendapatkan bahan makanan segar. Stay safe, Moms!