Usia Moms saat ini baru di angka 20-an atau awal 30-an. Badan Moms masih tampak bugar, sehat dan jauh dari penyakit. 

Namun, tahukah jika Moms tidak berhati-hati menjaga kesehatan di masa kini, maka akibatnya berbahaya di masa depan? Ancaman penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup tidak sehat seperti penyakit diabetes, kanker, jantung, osteoporosis dan gagal ginjal, bisa jadi akan menghampiri Moms pada umur 40-an atau 50-an. 

Gaya hidup sehat sekaligus rutin tes skrining pada usia 20-an dan 30-an  merupakan tabungan untuk kesehatan Moms  di masa depan. Caranya sederhana, kok. Lakukan hal-hal berikut: 

Mulailah rencanakan diet dan latihan yang menyehatkan jantung

Tingkatkan Hubungan dengan dokter Anda

Jangan hanya sewaktu sakit Moms menemui dokter. Buat jadwal dengan dokter yang Moms  percayai untuk berkonsultasi berbagai cara untuk hidup lebih sehat dan bugar. Terutama bagi Moms yang memiliki rencana untuk melakukan program kehamilan. Sebelum konsultasi, buatlah daftar pertanyaan, seperti: Nutrisi apa yang dibutuhkan supaya cepat hamil? Pemeriksaan apa yang perlu dilakukan sebelum program kehamilan? Dll. 

Ketahui riwayat kesehatan keluarga Anda

Riwayat kesehatan keluarga bisa menjadi prediktor kesehatan/penyakit yang mungkin berisiko Moms derita di kemudian hari. Dengan mengetahuinya, Moms bisa melakukan langkah pencegahan dini. 

Jangan lupakan tes skrining

Tes skrining penting sebagai deteksi dini untuk mengurangi risiko penyakit atau memutuskan metode pengobatan yang paling efektif. Tanyakan kepada dokter seberapa sering tes skrining tertentu  perlu dilakukan.