Sampah menjadi salah satu permasalahan,  terutama di kota - kota besar. Pola hidup Moms yang menyepelekan soal sampah. Bahkan membuang sampah sembarangan pun masih sering temukan di semua kalangan. Lalu, apakah ada langkah sederhana mengurangi sampah? jawabannya tentu ada dan itu mulai dari diri sendiri. 

Kurangi menggunakan botol plastik

Untuk mengurangi sampah plastik kemasan terutama pada botol minuman, Moms bisa memanfaatkan botol yang ramah lingkungan yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Belilah botol minuman yang masuk standar Food Grade agar aman dan ramah lingkungan.

Gunakan tas keranjang saat berbelanja 

Rasanya mubazir ketika belanja di supermarket atau di pasar,  Moms diberi banyak kantong plastik. Bahkan satu kali pembelian,  Moms mendapatkan satu kantong plastik untuk membawa belanjaan,  lalu jika ada belanja terlalu banyak tentu akan banyak kantong plastik yang ada dapatkan. Gunakanlah tas berbelanja untuk membawa semua belanjaan Moms cukup praktis bukan.

Reduce, Reuse and Recycle 

Manfaatkan sampah disekitar Moms agar tidak menumpuk, misalnya dengan cara memanfaatkan botol minuman untuk pot bunga, atau kertas tak terpakai untuk catatan belanja Moms atau sebagai note. Selama sampah tersebut bisa didaur ulang cobalah untuk mendaur ulangnya, atau Moms bisa mempercayakan bank sampah untuk mengelola sampah rumah tangga Moms. 

Jangan membuang sampah makanan 

Hindari untuk membuang makan Moms karena itu akan menjadi sampah untuk Moms. Usahakan makan secukupnya saja, jika makanan tersebut cepat basi alangkah baiknya untuk segera dihabiskan ya agar tak mubazir. 

Gunakan botol minum yang dapat dipakai berulang 

Ketimbang membeli botol minuman plastik yang sekali minum dan langsung dibuang, alangkah lebih baiknya untuk menggunakan botol minum yang dapat dipakai berkali-kali. Dampak yang dihasilkan tentunya dapat mengurangi sampah plastik dan tentunya lebih hemat karena tidak harus selalu membeli minuman di toko jika Moms sudah membawa minum sendiri.

Gunakan sapu tangan, jangan boros tisu please! 

Ketika Moms sakit flu, jangan biasakan bawa senjata pamungkas tisu berlembar-lembar. Tapi ganti dengan sapu tangan. Tentunya dengan sapu tangan bisa dicuci setelah kotor dan sekali lagi dapat mengurangi sampah. 

Beberapa cara mudah dan sederhana sudah dijelaskan. Tidak ada alasan lagi untuk Moms nolak mengurangi sampah-sampah yang ada. Coba terapkan mulai dari sekarang, yuk. Mulai dari diri sendiri dan sebarkan kebaikan ke orang lain. Tidak hanya bisa ngurang sampah, tentunya juga bisa membawa banyak manfaat bagi sekitar.