Siapa yang setuju bahwa sarapan adalah salah satu hal penting yang seharusnya tidak boleh dilewatkan ? Ya, benar sekali Moms. Sarapan merupakan bagian dari jadwal makan yang seharusnya memang tidak terlewatkan. Namun, sebagian orang mungkin terlalu sibuk untuk menyiapkan makanan di pagi hari sehingga mengabaikan sarapan. Kalau pun bisa sarapan, pilihannya adalah makanan yang tinggi lemak dan kurang serat. 

Seperti yang kita ketahui, sarapan adalah ritual penting. Selain tidak boleh dilewatkan, pilihannya juga sebaiknya sehat dan mengenyangkan, Moms.   Salah satu menu yang memenuhi kriteria ini adalah  makanan yang mengandung tinggi serat. 

Ketika berbicara mengenai serat, kebanyakan orang akan berpikir  mengenai sayur dan buah. Tapi tahukah Moms, selain sayur dan buah ternyata ada beberapa makanan yang tinggi serat dan cocok untuk sarapan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang mengandung tinggi serat : 

Oatmeal 

Makanan ini tidak terlalu asing pada masyarakat Indonesia,  khususnya daerah perkotaan. Oatmeal yang terkenal sebagai karbohidrat kompleks,  juga mengandung tinggi serat. Sajian oatmeal yang polos mungkin membuat beberapa orang tidak berselera karena belum terbiasa dengan teksturnya,  tetapi jika oatmeal dicampur dengan susu,  kemudian diberikan topping buah di atasnya,  maka rasa asing dari oatmeal akan tersamarkan. 

Smoothies 

Smoothies adalah jenis minuman yang kental dan memiliki rasa yang lembut. Umumnya smoothies dibuat dari campuran buah dan sayuran. Moms juga bisa menambahkan yogurt ke dalam smoothies. Minuman ini sangat cocok dikonsumsi bagi moms yang kurang menyukai makanan berat sebagai sarapan. 

Kacang-kacangan 

Kelompok kacang-kacangan umumnya dikenal sebagai salah satu sumber makanan yang mengandung lemak baik,  tetapi kacang kacangan juga memiliki kandungan serat di dalamnya. Sup kacang merah atau campuran yogurt dengan almond panggang bisa menjadi salah satu referensi sarapan tinggi serat dan menyehatkan. 

Berries 

Kelompok buah-buahan berry seperti blueberry, strawberry dan blackberry mendapat banyak perhatian karena tinggi antioksidan, kaya serat serta rendah kalori, sehingga sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan. Moms bisa mengolah buah buahan tersebut sebagai smoothies atau topping oatmeal. 

Kentang 

Biasanya kentang dijadikan sebagai pengganti nasi untuk sumber karbohidrat. Selain karbohidrat, kentang juga mengandung tinggi serat lho,  Moms. Olahan kentang di pagi hari bisa menjadi pilihan sarapan sehat Moms dan keluarga. 

Bahan makanan di atas umumnya tidak memerlukan pengolahan makanan yang kompleks, Jadi moms tetap bisa sarapan sehat tanpa harus berlama-lama di dapur pada pagi hari. Selamat mencoba Moms.