Siapa sih, yang enggak kenal dengan baking soda? Baking soda adalah salah satu bahan tambahan yang sering dipakai untuk pembuatan kue dan jajanan. Bahan yang bernama natrium atau sodium bikarbonat ini memiliki fungsi sebagai pengembang pada adonan kue, sehingga jajanan yang dihasilkan menjadi lebih merekah dan empuk. Dalam bidang pastry, sebagian orang sering menyamakan bahan ini dengan baking powder, padahal keduanya sedikit berbeda. 

Selain digunakan untuk membuat kue, baking soda juga punya segudang manfaat lainnya. Berikut manfaat baking soda dalam keperluan rumah tangga. 

Menghilangkan tumpahan minyak 

Moms bisa gunakan baking soda untuk membersihkan minyak ringan dan tumpahan minyak pelumas di lantai garasi atau di jalan masuk ke dalam rumah. Taburi baking soda di tempat yang diinginkan dan gosok dengan sikat basah. 

Baking Soda untuk cuci piring 

Tambahkan 2 sendok makan baking soda ke dalam sabun pencuci piring untuk mempercepat pembersihan sisa makanan dan minyak yang menempel di piring, gelas, panci, dan penggorengan. 

Membersihkan microwave 

Tuangkan soda kue pada spons yang lembut untuk membersihkan bagian dalam dan bagian luar microwave. 

Membersihkan dinding 

Jika Moms punya anak kecil,  tembok rumah sudah tidak asing dengan coretan pulpen, pensil krayon. Enggak perlu cemas Moms, noda-noda tersebut bisa dibersihkan dengan bantuan baking soda yang diaplikasikan pada spons basah. Gosok lembut lalu bersihkan dengan lap bersih dan kering. 

Penetralisir bau kulkas 

Letakkan sebuah wadah terbuka yang diisi baking soda di bagian belakang lemari es untuk menetralisir aroma yang tajam. 

Perawatan septic tank

Satu cangkir baking soda per minggu akan membantu menjaga pH yang baik di tangki septik. Gunakan metode ini hanya jika pipa berbahan logam, dan jangan dicampur dengan larutan pembersih lainnya.  

Mengurangi noda gosong pada panci 

Panci wajan pasti sering banget gosong, nah untuk mengatasinya, Moms bisa gunakan baking soda. Caranya usapkan spon kawat ke dalam bubuk baking soda kemudian gosokkan pada alat masak yang gosong. Tambahkan sedikit cuka untuk mengurangi kerak noda gosong. 

Membersihkan baju 

Tambahkan ½ cangkir soda kue ke siklus bilas baju. Hal ini akan membuat pakaian menjadi segar tanpa bahan kimia.  

Nah, sudah tahu kan, Moms segudang manfaat baking soda. Sekarang jangan lupa untuk selalu stok baking soda, siapa perlu untuk memudahkan dalam membersihkan perabotan rumah, lumayan kan dari pada beli perabotan baru, hi..hi... semoga informasinya dapat bermanfaat ya Moms.