Bumbu dapur satu ini hampir selalu ditambahkan ke setiap masakan ya, Moms. Selain menambah cita rasa pada makanan, bawang putih mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan, seperti mangan, selenium, vitamin C, vitamin B6, dan antioksidan lainnya, termasuk allicin

Manfaat bawang putih bagi kesehatan telah dikenal selama berabad-abad, sejak dokter Yunani kuno Hippocrates meresepkannya untuk mengobati semua jenis penyakit. Pengobatan modern kini pun mengakui khasiat penyembuhan bawang putih. Sebuah studi melaporkan bahwa makan bawang putih dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. 

Baca Juga: Lakukan Kebiasaan Ini Agar Jantung Sehat

Berikut adalah manfaat bawang putih bagi kesehatan yang jarang diketahui

Menjaga tekanan darah 

Bawang putih memiliki fungsi anti-inflamasi dan membantu aliran darah lebih lancar ke seluruh tubuh. Beberapa penelitian menemukan bahwa tekanan darah turun hingga 10% saat mengonsumsi suplemen bawang putih. Namun Moms tidak perlu menyediakan suplemen bawang putih selama kebutuhan bawang putih dalam sehari tercukupi.

Menurunkan kolesterol

Bawang putih juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan menurunkan kolesterol. Konsisten dan rutin mengonsumsi bawang putih dapat membantu tubuh mendapatkan manfaat ini dalam jangka panjang.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Bawang putih secara alami mengurangi risiko penyakit jantung karena menurunkan kolesterol dan tekanan darah, juga dengan merelaksasi pembuluh darah yang mengental dan mencegah agregasi trombosit. Bawang putih meningkatkan produksi oksida nitrat yang membuat pembuluh darah rileks, serta mencegah trombosit mengikat protein, yang mengurangi pembekuan darah. 

Meredakan flu

Bawang putih yang Moms konsumsi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala flu parah, serta mempersingkat gejala pilek dan flu. Penelitian juga melaporkan bahwa rata-rata lama gejala flu berkurang dari lima hari menjadi satu setengah hari jika Moms rajin mengonsumsi bawang putih. Jika Moms suka bawang putih, bisa tambahkan lagi ke dalam makanan saat Moms masuk angin.

Baca Juga: Pengobatan Rumah Mengatasi Flu Di Musim Hujan)

Meningkatkan daya ingat

Dampak radikal bebas juga dapat mempercepat penuaan, Moms.  Namun dengan mengonsumsi bawang putih yang mengandung antioksidan kuat, dapat  membantu melawannya. Antioksidan ini mencegah kerusakan otak dan menjaga otak untuk tetap berfungsi dengan baik seiring bertambahnya usia. Cara kerjanya dengan meningkatkan aliran darah otak melalui kemampuan bawang putih untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Pada akhirnya, bawang putih dapat menurunkan risiko gangguan otak, seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini untuk Cegah Demensia