Daun kelor, kerap didengar dalam peribahasa, merupakan tanaman sungguhan yang bernama latin Moringa oleifera. Daun kelor memiliki sensasi rasa pedas, dan tidak sulit untuk mengolahnya menjadi santapan sehat, seperti sayur bening, tumisan, hingga urap. Namun, tahukah, Moms, bahwa daun kelor ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan?

Kaya vitamin C

Kandungan vitamin dan mineral di dalam daun kelor tidak perlu dipertanyakan lagi, Moms. Daun-daunnya memiliki vitamin C tujuh kali lebih banyak dari jeruk dan kalium 15 kali lebih banyak dari pisang. Selain itu, juga memiliki kalsium, protein, zat besi, dan asam amino yang membantu tubuh menyembuhkan diri dan membangun otot.

Sistem kekebalan tubuh juga terjaga dengan mengonsumsi daun kelor, Moms, karena daun ini mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian membuktikan bahwa, antioksidan ini dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi lemak dalam darah dan tubuh.

Khasiat daun kelor

Penggunaan daun kelor dalam pengobatan tradisional telah dilakukan berabad-abad lalu di masyarakat Asia dan Afrika, dengan memanfaatkan daun, bunga, biji dan akar tanaman kelor, Moms. Peneliti terus mengkaji manfaat daun kelor bagi manusia, dan sejauh ini penelitian telah menemukan bahwa daun kelor membantu penanganan beberapa penyakit.

- Artritis rheumatoid (RA)

Ini merupakan peradangan sendi yang diakibatkan oleh autoimun, yaitu imun yang menyerang tubuh sendiri. RA dapat menimbulkan rasa sakit dan bengkak pada sendi. Sejauh ini belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit ini, namun dengan mengonsumsi ekstrak daun kelor, pembengkakan cairan, kemerahan, dan nyeri pada sendi dapat berkurang. 

- Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan kandungan protein yang mirip dengan insulin terkandung dalam daun kelor, sehingga dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Bahan kimia yang ditemukan dalam daun dapat membantu tubuh memproses gula dengan lebih baik, dan memengaruhi cara tubuh melepaskan insulin.

- Kanker

Pada tes lab, ekstrak daun kelor dapat memperlambat pertumbuhan kanker pancreas dan membantu kemoterapi bekerja dengan baik. 

- Daya ingat

Beberapa ahli berpendapat bahwa antioksidan dan bahan kimia dalam tanaman kelor dapat mengurangi stress dan peradangan di otak, serta memperkuat daya ingat.

- Anemia

Daun kelor mengandung zat besi yang cukup tinggi, Moms, sehingga dapat membantu mencegah anemia.

Daun kelor aman untuk dikonsumsi dengan porsi yang tidak berlebihan karena penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan manfaatnya, dan mencegah efek sampingnya. Namun, para peneliti tidak menganjurkan mengonsumsi daun kelor pada Moms yang hamil dan menyusui sebagai pencegahan bagi Moms dan bayi.