Salad sering diasosiasikan dengan menu orang yang ingin menurunkan berat badan. Padahal banyak manfaat lainnya, lho Moms, termasuk bisa menghaluskan kulit. 

Salad dengan komposisi bahan yang cukup dan baik dapat menjadi sumber nutrisi makanan yang seimbang, serta memengaruhi penampilan, Moms,  karena salad menawarkan banyak manfaat pada kesehatan kulit, baik itu salad sayur maupun buah.

Baca Juga : Perhatikan Ini Saat Memilih Sayuran untuk Ibu Hamil

Berikut adalah manfaat salad bagi kesehatan kulit:

Menghidrasi tubuh

Sebagian besar sayuran yang digunakan dalam salad mengandung air yang dapat menghidrasi tubuh. Jika Moms rutin mengonsumsi salad, Moms juga secara alami mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh, setelah minum air putih. Ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, tak hanya sistem di dalam yang terpengaruh, tetapi juga kulit Moms. Kulit yang mengalami dehidrasi ditandai dengan teksturnya yang kasar, sensitif, mudah terkelupas, muncul garis-garis halus, bahkan pecah-pecah. Maka, penting menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi, caranya dengan minum air putih dan menjadikan buah dan sayuran sebagai asupan sehari-hari.

Menjaga vitamin dan mineral untuk kulit

Makanan mentah yang biasanya digunakan dalam salad mengandung vitamin dan nutrisi yang lebih banyak dibanding makanan yang telah melalui proses pemasakan. Nutrisi yang berperan besar dalam menjaga kesehatan kulit, seperti anti-inflamasi dan anti-oksidan yang mengeluarkan racun dari tubuh akan membuat kulit lebih sehat. Makanan mentah juga mengandung enzim hidup yang dapat menyehatkan pencernaan, yang jarang ditemukan pada sayuran yang dimasak karena panas menghancuran enzim tersebut. Sayuran yang biasa dimasukkan dalam salad cukup aman untuk dimakan mentah, namun tetap pastikan untuk mencucinya dengan air bersih dan mengalir. 

Melindungi kulit dari dampak negatif paparan sinar matahari

Nutrisi dalam salad membantu mensintesis kolagen, memberikan efek perlindungan matahari alami, melindungi kulit dari kerutan dan kendur, juga dapat menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, dan membuat kulit lebih halus.

Baca Juga : Mau Anak Senang Makan Sayur? Begini Caranya Kata Ahli Gizi

Mengandung serat yang membersihkan tubuh

Terbiasa mengonsumsi makanan yang tidak cukup serat menyebabkan tersangkutnya makanan di usus karena tidak kuat turun ke rektum. Serat yang terkandung dalam salad dapat menyapu sisa makanan di usus dan meningkatkan kesehatan usus dengan menghambat pertumbuhan bakteri jahat di usus. Usus yang sehat berdampak juga pada kulit yang sehat, Moms. Selain itu, serat juga membantu mengontrol kadar gula darah, kolesterol, dan menormalkan gerakan usus.

Melembapkan kulit

Memilih saus/dressing salad yang sehat, seperti minyak olive dan labu kuning, juga dapat menjaga kelembapan, melindungi, dan menghidrasi kulit. Minyak alami ini juga memiliki antiinflamasi yang dapat menenangkan kulit, membantu penyerapan vitamin K, dan beta-karoten.

Baca Juga : Tips Menyimpan Sayur dan Buah