Sebagian orang mulai menyadari pentingnya gaya hidup sehat, termasuk minum air putih yang cukup tiap harinya, setidaknya delapan gelas. Ada pula yang menambahkan potongan atau irisan buah ke dalam tumbler air putihnya dan disimpan di dalam kulkas semalaman untuk diminum keesokan harinya. Itulah yang dinamakan infused water, Moms.

Buah yang biasanya digunakan untuk membuat infused water adalah lemon, mentimun, daun mint, stroberi, kiwi, apel, jeruk, atau nanas. Moms juga bisa mengombinasikannya.

Infused water diklaim memiliki manfaat kesehatan, misalnya menurunkan berat badan, membuang racun dalam tubuh, memperbaiki fungsi pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan energi.

Menurut Dr. Arturo Olivera, ahli gastroenterologi, manfaat tersebut sebagian besar berasal dari air putihnya. Walau begitu, menambahkan buah ke dalam air putih dan menjadikannya infused water dapat menyegarkan dan membuat Moms tidak bosan dengan kebiasaan meminum air putih.

Baca Juga : Tip Menjaga Asupan Air Putih Busui

Tidak semua nutrisi dalam buah dapat larut dalam air, hanya vitamin C, vitamin B6, B12, asam folat, dan elektrolit yang dapat larut dalam air. Artinya, infused water juga tidak dapat mengganti asupan buah-buahan, Moms.

Infused water memiliki kalori yang sangat sedikit karena dibuat dengan memasukkan buah-buahan, bukan dicampur seperti membuat jus. Walau begitu, untuk menurunkan berat badan, tidak cukup hanya meminum infused water, tetapi imbangi juga dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga yang cukup. 

Sebagaimana manfaat minum air putih, infused water juga dapat membantu fungsi pencernaan dan menjaga Moms tetap terhidrasi. Selain itu, pastikan juga untuk tetap mengonsumsi buah-buahan dengan jumlah yang cukup, sebab kandungan nutrisi buah-buahan lebih banyak dibanding buah-buahan di dalam infused water.

Mitos dan fakta soal infused water:

Detoksifikasi

Infused water dianggap dapat membuang racun di dalam tubuh atau detoksifikasi, serta menurunkan berat badan. Namun, faktanya tubuh telah memiliki sistem detoksifikasi yang baik untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh. Hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa infused water dapat “membersihkan” tubuh. Menurut Dr. Tan Shot Yen, istilah detoks tidak pernah ada di dunia medis.  Tubuh manusia memiliki lima organ yang dapat membersihkan racun dari tubuh, yaitu paru-paru, ginjal, usus besar, dan hati. 

Menyeimbangkan pH

Salah satu tren diet yang populer adalah mengonsumsi makanan dan minuman “alkali” dapat meningkatkan “lingkungan” yang lebih basa dalam tubuh yang dapat membuat tubuh lebih sehat. Namun, menurut sains, makanan tidak dapat mengubah pH darah atau sel.

Memperbaiki penampilan

Infused water juga diklaim dapat membersihkan racun dari kulit dan memperbaiki penampilan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi air putih dapat menghidrasi kulit, bukan memperbaikinya. Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa infused water lebih baik dibanding air putih.

Walau tidak lebih baik dibanding air putih, infused water dapat menjadi pilihan alternatif yang sehat dibanding minuman tinggi gula, seperti soda dan jus. Selain itu, buah di dalam infused water membantu menambah rasa pada air, sehingga Moms termotivasi untuk mengonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup tiap harinya.

Baca Juga : 3 Masker Alami untuk Kulit Glowing