Walau belakangan ini aktivitas di luar rumah terhenti, bukan berarti perawatan tubuh terutama kulit juga berhenti ya, Moms. Meski wajah  jarang terpapar matahari, debu, dan polusi karena sebagian waktu dihabiskan di rumah, Moms tetap harus membersihkan wajah secara teratur. 

Mengapa? Biasanya berdiam di rumah saja membuat orang cenderung tidak menjaga pola tidurnya, kebanyakan orang menjadi tidur larut malam atau kurang tidur. Padahal,  waktu tidur pada malam hari adalah momen yang pas untuk kulit melakukan regenerasi. Karena itu, jika waktu tidur tidak teratur dan cukup, maka regenerasi kulit pun tidak optimal. Belum lagi kemungkinan dehidrasi yang membuat wajah berminyak dan tidak segar.

Tak hanya, pola makan yang tidak teratur, serta stres juga dapat menurunkan produksi kolagen yang merupakan protein penting dalam tubuh. Semakin usia bertambah, semakin turun pula produksi kolagen yang dapat berakibat kulit menjadi kurang elastis dan munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

Untuk meningkatkan kesehatan kulit, Moms dapat menerapkan kiat berikut selama masa karantina. 

Konsumsi air putih

Air putih punya banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya membuat kulit lebih lembap dan tidak mudah kering karena air memberi nutrisi pada sel-sel kulit, serta menjaga elastisitas dan mencegah penuaan dini. Selain itu, air putih dapat mendetoksifikasi tubuh atau mengeluarkan racun dari tubuh. Berapa banyak air yang sebaiknya dikonsumsi dalam sehari? Menurut Institute of Medicine, perempuan dianjurkan untuk minum 2,7 liter air dalam sehari. Jumlah ini tentu dibagi rata tiap waktu agar tetap nyaman ya, Moms. 

Makan makanan bergizi

Makanan juga menjadi kunci kesehatan tubuh, termasuk kulit. Imbangi nutrisi pada makanan dengan mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin, mineral, dan zat lain yang dibutuhkan kulit. Mengonsumsi bayam yang mengandung antioksidan juga dapat mencegah penuaan dini, Moms. Sementara apel yang kaya dengan vitamin A dapat mengecilkan pori-pori kulit sehingga wajah tampak flawless. Moms bisa mengombinasikan buah dan sayur menjadi salad yang lezat juga, lho.

Gunakan produk skin care

Produk perawatan kulit dan wajah, seperti losion, pembersih, hingga aloe vera gel, jika digunakan secara rutin dapat merawat kelembapan dan kesehatan kulit. Walau di rumah dan tidak terkena sinar matahari langsung, menggunakan sunscreen tetap penting, Moms. Sebab, sinar UV tetap bisa masuk ke dalam ruangan melalui jendela, sela-sela pintu, dan ventilasi. Sinar UV dapat menyebabkan penuaan, flek hitam, hingga kanker kulit. 

Jadi Moms, meski di rumah saja, jangan malas untuk melakukan perawatan wajah secara rutin, ya.