Pandemi Covid-19 membuat jadwal perawatan gigi menjadi tertunda. Sebab, prosedur perawatan gigi rentan menularkan virus. Berdasarkan penelitian, virus pernapasan dapat ditularkan melalui droplet dan air ludah secara langsung maupun tidak langsung. Dan dokter gigi yang harus kontak langsung atau tidak langsung dengan cairan, material, dan instrumen gigi pasien, termasuk permukaan dan alat yang terkontaminasi di ruang praktik, rentan tertular Covid-19.

 

Nah, bagaimana jika Moms atau keluarga mengalami kondisi darurat pada gigi saat pandemi dan butuh pengobatan secepatnya? Tanpa harus keluar rumah, Moms bisa meredakan gejala sakitnya dengan cara berikut : 

 

Kompres dingin

Terkadang sakit gigi dapat menyebabkan pembengkakan pada pipi. Kompres dingin dapat mengurangi bengkak sekaligus meredakan rasa nyeri untuk sementara. Cara ini cukup efektif terutama jika Moms memiliki gigi yang cuil atau lepas. Balut es batu dengan handuk dan letakkan di area yang bengkak dan sakit. Sedikit tip, jangan mengompres atau meletakkan benda yang hangat pada wajah  karena dapat menarik infeksi ke dalam jaringan di wajah yang menyebabkan pembengkakan eksternal.

 

Kumur air garam

Larutan air dan garam dapat mengurangi bakteri di gigi melalui sifat asamnya saat dikumur-kumur di mulut. Air ini juga dapat membantu mengeluarkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di gigi, mungkin inilah yang menyebabkan rasa sakit.

 

Meminum pereda nyeri

Mengurangi rasa sakit bisa sesederhana minum obat acetaminophen atau ibuprofen. Sebelumnya, baca instruksi di label obat ya, Moms. Biasanya obat ini dapat dikonsumsi setiap empat hingga enam jam sesuai kebutuhan rasa sakit selama Moms tidak memiliki kondisi medis tertentu. Tablet anti-inflamasi (NSAID) juga dapat mengurangi sensitifnya gigi yang sakit. Parasetamol dapat menjadi pilihan sementara jika sakit menyerang. Namun, pastikan Moms tidak melebihi dosis yang disarankan. Setelah situasi normal, tetap kunjungi dokter untuk mendapat perawatan yang tepat ya, Moms.

 

Minyak cengkeh

Minyak esensial ini dapat dibeli di toko makanan sehat. Oleskan minyak ini ke gigi yang sakit menggunakan cotton bud. Ini bekerja dengan baik ketika ada saraf yang terbuka karena pembusukan di dalam.

 

Meletakkan kepala lebih tinggi saat tidur

Ketika berbaring tidur di malam hari, jaga kepala tetap tinggi karena jika tidak, tekanan darah di gigi dapat meningkat yang juga meningkatkan rasa sakit. Moms dapat menggunakan bantal tambahan agar kepala tetap tinggi saat tidur.

 

Lebih baik mencegah sebelum sakit gigi datang menghampiri. Caranya dengan menjaga kebersihan gigi dan gusi. American Dental Association (ADA) merekomendasikan agar menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan dengan floss gigi minimal sehari sekali. Dengan membersihkan gigi dari sisa makanan dan bakteri, Moms dapat mencegah kerusakan pada enamel gigi sehingga kemungkinan gigi berlubang lebih sedikit.