Saat terserang common cold atau selesma, biasanya selera makan pun ikut hilang dan lidah terasa pahit. Ini kadang membuat Moms jadi malas makan. Padahal tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi yang tepat, terutama vitamin C, A, E, dan juga mineral Zinc untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Nah, resep green smoothies di bawah ini bisa Moms coba untuk mengurangi gejala flu dan meningkatkan imunitas. 

Bye Cold Smoothies

Bahan: 

Cara membuat: 

Masukkan semua bahan ke dalam blender. Blender hingga halus. Minum 3 x segelas dalam sehari. 

Resep smoothies ini mengandung antibakteri dan antivirus alami dari yang berasal dari jahe, juga vitamin C yang berasal dari jeruk atau lemon. Tidak ketinggalan kandungan kunyit yang bersifat anti peradangan juga bisa membantu mengurangi berbagai gejala flu yang Moms rasakan. 

Timun juga bisa memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga baik dikonsumsi saat sedang sakit atau demam. Sementara itu wortel memiliki kandungan beta karoten atau vitamin A alami yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Kalau soal apel, Moms juga pasti tahu tentang manfaat kesehatannya yang sangat banyak. Salah satunya adalah kandungan pektin yang tinggi. Pektin ini adalah salah satu jenis serat yang merupakan makanan bagi bakteri-bakteri baik di dalam usus kita, Moms. Bakteri baik yang disebut juga probiotik ini tidak hanya bertugas mencerna makanan, namun juga berperan aktif dalam proses produksi sel-sel imunitas tubuh, lho, Moms. 

Dikutip dari laman Healthline, memberi makan bakteri baik di dalam usus kita akan membantu mereka untuk meningkatkan jumlah populasinya. Hal ini akan berdampak baik pada kesehatan kita secara umum. 

Nah, mungkin Moms bertanya, kenapa di resep smoothiesnya ada lada hitam. Lada hitam di sini berfungsi untuk meningkatkan daya serap curcumin milik kunyit di dalam tubuh. Masih dikutip dari laman Healthline, dikatakan bahwa lada hitam memiliki kandungan piperine yang mampu meningkatkan daya serap curcumin hingga 2000%! 

Selain minum smoothies sayur dan buah, Moms tetap harus cukup istirahat dan cukup cairan ya. Berbeda dengan obat-obatan pabrik, menggunakan pendekatan makanan sebagai obat butuh waktu yang lebih lama ya, Moms. Jadi memang harus sabar, dan kelola stres dengan baik. Stres juga salah satu faktor yang menurunkan kekebalan tubuh soalnya. Oke, selamat mencoba, dan cepat sehat, Moms!