Cheese garlic bread merupakan roti korea selatan yang sedang viral. Ya, viral di tengah pandemi, selain dalgona coffee yang lebih dulu ramai di media sosial. Roti ini memiliki rasa yang unik yaitu manis, asin dari keju, serta beraromakan bawang putih. Bentuk roti yang cukup lucu karena bulat di belah jadi 4-6 sisi sama rata tapi tidak putus, dimana setiap belahan diberi cream cheese. Dan yang bikin unik lagi, ada tumisan bawang putih yang menjadi khas roti ini. 

Semakin hari dibuat penasaran dengan roti ini karena banyak foto bertebaran di media sosial. Mau beli, kok ya, sayang karena harganya cukup mahal. Untuk 1 buah roti dihargai Rp 40 ribu. Karena itu, saya mencoba untuk membuatnya sendiri. Simak ya cara pembuatannya. 

Resep Roti

1. Bahan A :

2. Bahan B :

Cara membuat : 

- Campur bahan A kecuali tepung, aduk dengan sendok kayu/spatula sampai rata, lalu masukkan tepung,  aduk rata. Tutup dengan plastik wrap, diamkan selama 15 menit.

- Masukan butter dan garam, uleni sampai kalis elastis lalu diamkan selama 1 jam sampai mengembang 

- Bagi adonan @60 gram, bulatkan lalu tata di loyang yang sudah dioles butter. Tutup dengan kain dan biarkan mengembang (10-15 menit)

- Oles dengan bahan olesan lalu oven dengan suhu 180°C api bawah selama 10-12 menit (sesuai oven masing2) 

- Angkat lalu dinginkan 

Resep Cream Cheese Filling 

Bahan: 

Cara membuat: 

- Campur semua bahan di dalam mangkuk besar dengan menggunakan spatula atau sendok. Lumatkan dan aduk rata sampai menjadi satu (boleh menggunakan mixer).

- Masukkan ke dalam piping bag lalu simpan di dalam lemari es. 

- Keluarkan bila diperlukan.

Garlic Sause 

Bahan:

Cara membuat:

- Campur semua bahan jadi satu, aduk rata dan siap digunakan 

Penyelesaian: 

- Ambil 1 buah butter roll bulat,  lalu kerat menjadi 6 slice tdk sampai putus. Setiap slice di semprot dengan cream cheese 

- Celup ke dalam adonan garlic butter 

- Taburi dengan keju parmesan 

- Oven dengan suhu 170 °C selama 7 menit/atau sampai matang(sesuai oven masing masing) Setelah roti matang, langsung saya coba. Rasa penasaran hilang, terbayar sudah dengan perpaduan roti yang lembut dan cream cheese, serta aroma bawang putih jadi satu. Butuh waktu cukup lama untuk membuatnya, sekitar 3 jam dari persiapan sampai siap santap. Selamat mencoba Moms, semoga sukses dan hilang rasa penasaran akan roti yang lagi viral ini .