Sesuai namanya, Cloud bread atau roti awan adalah roti bertekstur lembut, ringan dan mengembang layaknya awan. Belakangan, roti ini viral, mengikuti jenis roti sebelumnya yaitu Korean Garlic bread cheese. Berbeda dengan Korean Garlic yang rumit dengan bahan yang cukup banyak, roti satu ini lebih mudah dibuat dengan penggunaan bahan yang minimal, yaitu hanya 3 bahan saja. Cara pembuatannya mirip-mirip dalgona. Yuk, disimak Moms. 

Bahan 

  • 3 Butir putih telur 
  • 1 sdm maizena 2
  • 3 sdm gula pasir 

Cara pembuatan

  1. Siapkan 3 butir putih telur dengan suhu ruang. 
  2. Kocok telur menggunakan mixer,  dengan kecepatan tinggi hingga mengembang. Tambahkan 2-3 sdm gula pasir,  lalu lanjutkan mengocok dengan kecepatan tinggi sampai kaku 
  3. Setelah gula larut,  tambahkan 1 sdm maizena, kemudian dikocok lagi dengan mixer sampai rata. Pastikan adonan kaku atau bisa dibilang jambul petruk. 
  4. Lapisi loyang dengan kertas alas agar tidak lengket, lalu tuang adonan ke loyang bentuk bulat. 
  5. Oven di suhu 150⁰ C selama 30 menit atau tergantung oven masing masing. Oven terlebih dahulu dipanaskan 10-15 menit pada suhu 150⁰ C. 

Tips pembuatan: 

- Jangan lupa sebelum memasukkan bahan, wadah atau tempat mixer dilap kering terlebih dahulu dengan tissue untuk memastikan tidak ada sisa  minyak atau air di dalam wadah. Pasalnya, jika masih ada minyak,  putih telurnya susah untuk mengembang. 

- Setelah adonan jadi, bisa dibagi ke beberapa tempat untuk diberi pewarna agar terlihat lebih manis. Kalau  mau, bisa diberi topping  choco chip atau almond slice. Jika tidak diberi topping pun, roti tetap enak. 

Cara pembuatan Cloud bread ini cukup gampang. Rasanya pun enak, lembut dan ringan, tidak seperti roti biasanya. Roti ini cocok sebagai camilan, tidak untuk sarapan karena terlalu lembut seperti makan gulali atau rambut nenek. 

Dengan hadirnya resep cloud bread ini menjadi ide baru dalam memanfaatkan sisa putih telur dari pembuatan cookies atau bolu. Nah biasanya, sisa putih telur ini saya jadikan brownies kukus putih telur terus disiram lelehan cokelat, sekarang nambah deh satu menu baru.