Siapa yang anaknya suka es krim? Alicia suka sekali es krim. Dalam sehari, kalau dituruti, bisa 3 cup. Tapi kalau tiap hari harus beli,  bisa dihitung habis berapa puluh ribu sehari. Harga 1 cup Rp 7000. Jadi sehari, bisa mengeluarkan uang Rp7.000 x 3 = Rp 21.000, hanya untuk jajan es krim. Bayangkan kalau sebulan? Nah, sebagai ibu seorang akuntan yang perhitunganya matang, selisih 500 perak aja dicari. Akhirnya saya memutuskan untuk go kitchen alias buat sendiri, bermodalkan resep dari internet. 

Bahan-bahannya: 

Cara buat :

- Tim tbm / Sp lalu sisihkan. Ini berguna sebagai pelembut dan pengembang es krim.

- Campur Susu Kental Manis, air, gula dan tepung maizena. Aduk hingga larut. 

- Masak hingga mendidih atau meletup-letup. 

- Pindahkan ke wadah, dinginkan. Lalu masukkan ke dalam frezeer selama 4 jam atau sampai beku.

- Setelah beku, lalu kerok. Pindahkan ke dalam wadah yang lebih besar lalu mixer sampai halus. Setelah halus, tambahkan sp/tbm lalu mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang, kira kira 15 menit.

- Setelah mengembang, bagi adonan menjadi 3 sama rata 

- Beri perasa pop ice cokelat/Mangga/strawberry aduk hingga rata. 

- Untuk mangga, saya tambahkan pewarna kuning 2 tetes, dan untuk strawberry saya tambahkan pewarna pink 2 tetes agar lebih berwarna. 

- Masukkan ke dalam cup sesuai selera dan bekukan kembali. 

Satu resep ini bisa jadi 120-150 cup es krim,  tergantung seberapa ngembang adonan es cream saat di mixer. Bermodalkan kurang dari 50.000 bisa dapat es cream sebanyak ini, sekeluarga bisa puas makan es krim, bahkan saya iseng iseng jual ke anak tetangga Rp 2.000 per cup, lumayan banget, kan. Bisa jadi pemasukan tambahan nih, Moms. 

Namun dibalik kelezatannya es krim, bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atau berlebihan. Beberapa penyakit yang mengintai  antara lain: 

  1. Menyebabkan serangan jantung dan strok
  2. Meningkatkan kadar kolesterol 
  3. Menyebabkan penyakit kardoivaskular 
  4. Menyebabkan diabetes. 

Jadi Moms, meski es krim buatan sendir, tetap harus diperhatikan pula jumlah konsumsinya  ya Moms. Ingat,  sesuatu yang berlebihan berdampak tidak baik bagi tubuh.