Hampir semua orang tahu dan kenal dengan jamu, minuman rempah berkhasiat khas Indonesia. Saat pandemi covid19 seperti sekarang ini, jamu semakin ramai di perbincangkan. Saya sendiri telah mengkonsumsi jamu sejak lama. Biasanya mama yang rajin membuatkan jamu kunyit asam saat saya menstruasi. Kata mama, jamu tersebut bermanfaat untuk memperlancar menstruasi dan mencegah bau badan. 

Kalau dulu agak malas minum jamu, tapi sekarang setelah mengetahui manfaatnya, saya jadi rutin minum jamu, bahkan membuat sendiri. Bagi yang ingin mengikuti kebiasaan saya minum jamu, berikut ini beberapa resep jamu simpel yang bisa Moms buat sendiri di rumah. 

Kunyit asam instan 

Bahan : 

1 Sachet kunyit bubuk 

1 liter air mineral

 90 gram gula aren 

45 gram asam jawa 

Secuil garam 

Cara membuat: 

Oh ya, kunyit bubuk bisa diganti dengan kunyit utuh ya. Saya menggunakan bubuk kunyit untuk menghindari tangan terkena noda kuning. 

Wedang jahe 

Bahan : 

150 gram jahe merah/putih, parut

250 gram gula aren, iris atau parut

1 lembar daun pandan

1,5 liter air

Cara membuat:

Saya sengaja memilih memarut jahe biar bisa sekalian dikunyah, jadi semakin hangat (Jangan ada sisa yang sia-sia). 

Jamu detox rahim 

Bahan :

2 ruas Kunyit 

1 ruas jahe 

1 batang sereh 

1/2 butir jeruk nipis 

1 sdm gula aren 

200 ml air 

Cara membuat : 

Itulah tiga resep jamu yang biasa saya buat di rumah. Selama pandemi ini,  saya selalu membuat  jamu kunyit asam dan wedang jahe, bahkan banyak dipesan oleh teman-teman kerja. Alhamdulillah jadi ladang rezeki baru. Selamat mencoba ya Moms