Mengedepankan Inovasi Teknologi Mutakhir untuk Memberikan Layanan Kesehatan yang Prima bagi Masyarakat

Kehadiran seorang anak adalah dambaan bagi semua orang tua. Kelahiran anak bagi kebanyakan orang tua pun merupakan sebuah anugerah terindah karena tidak sedikit orang yang mengharapkan memiliki anak tetapi masih belum juga mendapatkannya. Maka dari itu, para orang tua yang sedang diberikan anugerah, khususnya calon Ibu, secara bersungguh-sungguh menjaga kesehatan calon buah hati dengan mengkonsumsi asupan terbaik dan stimulus untuk perkembangan otak bahkan sejak masih dalam kandungan serta persiapan persalinan yang sempurna dengan mencari rumah sakit bersalin yang memberikan pelayanan terbaik dan nyaman hingga merawat sang buah hati dengan kasih sayang ketika sudah hadir ke dunia.

Bagi orang tua yang menginginkan kehadiran buah hatinya dalam kondisi dan suasana yang sempurna serta ditangani oleh tenaga medis terbaik, maka tentunya pemilihan rumah sakit menjadi faktor krusial. Bahkan sudah bertumbuh rumah sakit yang khusus menangani kesehatan Ibu dan anak yang dikenal dengan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) yang memang fokus menangani permasalahan kesehatan khusus Ibu dan Anak tak terkecuali masalah persalinan. Kehadiran RSIA sendiri di Indonesia disambut hangat oleh para calon Ibu yang akan melahirkan bahkan sejak awal kehamilan mereka lebih memilih RSIA ketimbang RS umum untuk memeriksa kandungan. RSIA dinilai lebih fokus pada penanganan masalah kesehatan Ibu dan anak dengan deretan tenaga medis dan dokter yang memang memiliki keterampilan dan kompetensi di bidang kesehatan Ibu dan anak serta fasilitas yang mumpuni. RSIA juga sudah seperti rumah dan sahabat bagi Ibu dan anak, mulai dari merencanakan kehamilan, memeriksakan kandungan, proses persalinan hingga perawatan bayi dan anak.

Kamar bayi RSIA Bunda-min (1) (1) (1)

Banyak faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih rumah sakit Ibu dan anak. Tidak hanya mempertimbangkan faktor biaya yang bersaing, faktor profesionalisme tenaga medis, kualitas pelayanan, fasilitas yang lengkap serta lokasi yang strategis menjadi faktor pertimbangan penting lainnya. Salah satu rumah sakit Ibu dan anak rujukan terbaik di Jakarta adalah RSIA Bunda Jakarta yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

RSIA Bunda Jakarta merupakan rumah sakit khusus Ibu dan anak yang berdiri sejak tahun 1973 dengan menawarkan biaya yang sangat affordable namun mengedepankan pelayanan prima serta kenyamanan pasiennya. Sebagai RSIA dengan pengalaman selama 48 tahun, RSIA Bunda Jakarta saat ini sudah menjadi rujukan bagi ibu dan anak tak hanya untuk wilayah Jabodetabek bahkan nasional dan Asia. Demi mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik, calon Ibu dan Ibu rela menempuh jarak jauh agar mereka mendapatkan penanganan medis secara profesional dengan pelayanan yang ramah dan baik.

Sebagai salah satu rumah sakit Ibu dan anak modern di Indonesia, RSIA Bunda Jakarta senantiasa mengedukasi khususnya bagi para calon Ibu atau Ibu agar tidak perlu parno untuk ke RS, tetapi harus tetap cermat dalam memilih RSIA dengan protokoler pencegahan virus Covid-19 terbaik. Khusus untuk wanita hamil yang mencari tempat bersalin, kriteria pemilihan tempat bersalin pun tak sekedar hanya mempertimbangkan tarif persalinan semata, tetapi perlu dipertimbangkan juga beberapa aspek penting, seperti yang sudah diterapkan di RSIA Bunda Jakarta yaitu:

1. Penerapan Protokol Kesehatan

Protokol kesehatan yang ketat menjadi acuan dalam memilih rumah sakit. Untuk proses bersalin, protokol kesehatan seperti kewajiban melakukan PCR Swab untuk pasien dan pendamping menjadi indikasi sebuah rumah sakit dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat. RSIA Bunda Jakarta menerapkan protokol kesehatan ini dengan memfasilitasi gratis PCR Swab bagi pasien. Selain itu sejumlah protokol seperti pembatasan kunjungan, kewajiban PCR Swab rutin bagi tenaga medis dan karyawan, hingga protokol yang memungkinkan suami mendampingi pada saat persalinan pun juga telah diterapkan. Sehingga, pasien dapat tetap merasa aman dan nyaman untuk bersalin di masa pandemi.

2. Dokter Spesialis yang Kompeten dan Kooperatif

Pemilihan dokter spesialis yang kompeten dan kooperatif menjadi hal yang utama dalam proses persalinan. Alangkah lebih baik apabila dokter yang membantu persalinan adalah dokter yang memeriksa selama proses kehamilan berlangsung. RSIA Bunda Jakarta yang berdiri sejak 1973 telah terbukti memiliki jajaran dokter spesialis kandungan yang ahli di bidangnya dan telah menjadi rujukan nasional maupun di wilayah Asia. Selain itu, dokter anastesi di RSIA Bunda Jakarta juga telah menerapkan Teknik Enhance Recovery After Surgery (ERAS) yang memungkinkan pasien lebih cepat pulih setelah proses persalinan sectio caesarean (sc).

3. Tenaga Medis yang Melayani Sepenuh Hati

Selain dokter yang kompeten, diperlukan juga tenaga medis yang dapat melayani sepenuh hati. Keramahan dalam mendampingi dan melayani selama proses pra hingga pasca persalinan akan sangat berpengaruh secara psikologis bagi pasien. RSIA Bunda Jakarta memiliki layanan Konselor Sahabat Bunda yang membantu dan mendampingi para pasien mulai dari hal yang bersifat administratif hingga edukasi mengenai proses kehamilan dan persiapan persalinan.

Pasien RSIA Bunda Jakarta 2021

4. Memiliki Peralatan Lengkap untuk Mengatasi Masalah Gawat Darurat

Bagi Ibu yang memiliki kemungkinan high risk pregnancy, pilihlah rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap seperti ruang NICU untuk mengatasi masalah gawat darurat terhadap bayi yang baru lahir berserta jajaran dokter konsulen yang ahli dalam menangani bayi NICU.

NICU RSIA Bunda Jakarta-min (1) (1)5. Mendukung Program ASI

Para orang tua juga perlu memperhatikan apakah tempat bersalin mendukung program ASI ekslusif, seperti tersedianya fasilitas Rooming-in, program IMD (Inisiasi Menyususi Dini), skin to skin dengan ayah, dan suster laktasi yang akan mengajarkan menyusui pertama kali. Program skin to skin dengan ayah diterapkan di RSIA Bunda Jakarta setelah proses persalinan sebagai bentuk dukungan terhadap breastfeeding father. Peran ayah dalam proses menyusui tidak hanya dengan memberi sentuhan lembut kepada Ibu, namun juga dengan bayi melalui skin to skin.

drg. Adittya, MARS selaku Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Jakarta menjelaskan bahwa RSIA Bunda Jakarta memiliki komitmen untuk senantiasa memberikan mutu dan pelayanan terbaik bagi pasiennya. “Di masa pandemi yang belum berakhir ini, rumah sakit kami telah menerapkan protokol kesehatan kepada semua pasien, Ibu hamil pun akan melalui proses tambahan yaitu screening Covid-19 yang bertujuan untuk mengetahui keadaan Ibu hamil yang akan bersalin, melindungi pasien lain yang sedang dirawat serta melindungi tim di rumah sakit. Selain itu RSIA Bunda Jakarta di masa pandemi ini juga menutup akses kunjungan terhadap pasien, penunggu atau keluarga diwajibkan melakukan screening Covid-19, serta ada protokol tambahan bagi suami yang akan menemani istri di ruang persalinan. Sehingga Ibu hamil merasa nyaman dan aman dalam proses melahirkan. Sebagai institusi kesehatan masyarakat terpadu, kami memiliki tanggung jawab untuk terus berinovasi baik secara teknologi maupun pelayanan demi kepentingan pasien,” ujar Adittya.

Ditambahkannya, “Dalam masa pandemi, pusat layanan kesehatan memiliki andil untuk menjaga kesehatan dan keselamatan semua orang. RSIA Bunda Jakarta berkomitmen akan selalu memberikan pelayanan yang aman dan nyaman kepada seluruh pasien rawat inap dan rawat jalan serta selalu menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” tutup Adittya.

Inovasi juga menjadi dasar RSIA Bunda Jakarta dalam berkarya dengan peningkatan mutu dan pelayanan yang telah dibuktikan melalui kehadiran berbagai pelayanan dan teknologi terbaru. Salah satu yang saat ini tengah menjadi perhatian dari RSIA Bunda Jakarta yaitu Enhanced Recovery After Surgery (ERAS) yaitu tehnik operasi yang dikembangkan untuk mempercepat perawatan dan juga mempercepat penyembuhan pasien, proses pemulihan akan berlangsung cepat, tanpa rasa nyeri, disfungsi usus postoperative (pada operasi colorectal) dan mobilisasi pun bisa diminimalkan di mana hal ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan bagi RSIA Bunda Jakarta.

Sebagai informasi, tarif persalinan normal di RSIA Bunda Jakarta mulai dari 13 juta rupiah dan tarif persalinan SC mulai dari 24 juta rupiah. Berikut info tarif lengkapnya:

Tarif Persalinan Normal

Bunda Suite A mulai dari Rp35.878.000

Bunda Suite B mulai dari Rp34.738.000

Perdana mulai dari Rp 25.742.000

Deluxe mulai dari Rp21.526.000

Superior (2 bed) mulai dari Rp15.857.000

Standart mulai dari Rp13.532.000

Tarif Persalinan SC

Bunda Suite A mulai dari Rp58.656.000-

Bunda Suite B mulai dari Rp57.136.000

Perdana mulai dari Rp43.287.000

Deluxe mulai dari Rp35.989.000

Superior (2 bed) mulai dari  Rp 28.403.000

Standart mulai dari Rp 24.210.000

Biaya sudah termasuk jasa dokter, alat kedokteran, kamar tindakan dan kamar perawatan. Biaya obat-obatan dan laboratorium tidak termasuk dalam paket tersebut (disesuaikan dengan kondisi pasien). Untuk informasi lebih lanjut, hubungi call centre 1-500-799

Jadi, apakah Moms sudah siap memilih rumah sakit yang tepat untuk menjalani proses persalinan saat ini?