Moms, di tengah situasi ini, kebutuhan akan masker semakin tinggi. Bahkan, terjadi kelangkaan masker dan APD bagi pekerja kesehatan. Sementara itu, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan mengenai penggunaan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19. Solusi menghadapi kebutuhan dan kelangkaan masker yang seharusnya ditujukan untuk tenaga medis ini adalah dengan menggunakan alternatif masker dari kain yang lebih mudah didapatkan di sekitar kita. Selain itu, Anda bisa membuatnya sendiri lho, Moms.

Peneliti dari Cambridge University telah mencoba efektivitas masker berbahan benda-benda yang bisa didapatkan di rumah. Diameter coronavirus berukuran 0,05-0,2 micron. Bahan yang efektif menangkal partikel tersebut berdasarkan penelitian tersebut antara lain kain lap, katun, linen, dan sarung bantal dapat efektif menangkal partikel mikro 73% - 57%. Sedangkan masker bedah memiliki keefektifan sebesar 89% untuk mencegah partikel mikro.

Lap piring, sarung bantal, dan kaos katun yang berturut-turut dapat menghadang 73%, 57%, dan 51% partikel virus. Bahan-bahan ini dapat ditemukan hampir di tiap rumah. Lalu bagaimana bila masker berbahan ini didobel untuk meningkatkan kefektifan? Peneliti juga telah mencobanya, Moms. Hasilnya, tidak ada perubahan signifikan terhadap efektivitasnya, justru membuat susah bernapas. 

Akhirnya peneliti menyimpulkan bahwa masker kain DIY atau buatan sendiri yang terbuat dari sarung bantal dan kaos katun 100% adalah masker kain terbaik untuk digunakan saat pandemik Covid-19 ini, selain itu Moms juga dapat menggunakan handuk kertas (paper towel) sebagai lapisannya.

Kelebihan bahan katun ini dibanding bahan lain adalah dapat menyaring setidaknya 50% partikel berukuran 0,02 mikron, seukuran virus SARS dan COVID-19, selain itu juga bahannya nyaman dan tidak membuat sulit bernapas, sehingga dapat digunakan selama beberapa jam. Setelah tiga jam menggunakan masker, pada masker medis seperti N95 dan dan masker bedah tidak ada perubahan kemampuan penyaringannya walau sudah terkena keringat sekalipun. Sementara masker kain berbahan lap piring, efektivitasnya naik dari 63% menjadi 68,8% dan dapat menangkap 5% partikel lagi.

Jika kesulitan untuk membeli masker karena stoknya yang terbatas, Moms bisa membuatnya sendiri. Bagaimana cara membuatnya? Moms dapat menjahit bahan katun bersih dan memasukkan tisu sebagai filternya. Namun, bila tidak ada mesin jahit, Moms dapat membuat masker sederhana dengan mengikat kedua ujung kain menggunakan ikat rambut.

Masker darurat ini hanya digunakan keluar untuk keperluan yang sangat penting saja ya, Moms, seperti membeli kebutuhan dapur. Pencegahan terbaik tentu saja dengan berada di dalam rumah ya, Moms.