Jelang akhir tahun, biasanya Moms sudah merencanakan liburan bersama keluarga. Namun di tahun ini sedikit berbeda, liburan, terutama ke luar masuk Bali dan DKI Jakarta, Moms dan keluarga harus melalui tes swab antigen, sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19, mengingat Indonesia masih mencatat tingginya kasus Covid-19. 

Tes swab antigen ini memiliki tingkat akurasi yang berbeda dari dua jenis tes yang sebelumnya Moms ketahui, yaitu tes usap dan tes rapid. Tes swab antigen juga telah disetujui organisasi kesehatan dunia (WHO) untuk mendeteksi infeksi virus Covid-19. Jenis tes antigen ini mampu mendeteksi protein tertentu yang berasal dari virus dan menimbulkan respons kekebalan tubuh.

Baca Juga: Rapid Test dan Swab Test, Apa Bedanya?

Diagnosis patogen pernapasan

Tes antigen biasanya digunakan dalam diagnosis patogen pernapasan, termasuk virus influenza dan virus RSV yang menyebabkan infeksi paru-paru dan saluran pernapasan. Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah mengizinkan uji antigen untuk mengidentifikasi virus Covid-19.

Dibandingkan tes usap dan rapid yang menyentuh angka jutaan, tes antigen relatif murah, Moms. selain itu, hasilnya bisa diketahui lebih cepat, hanya 15 menit. Namun, tes antigen untuk Covid-19 umumnya kurang sensitif dibandingkan dengan tes  PCR. 

Interpretasi yang tepat dari hasil tes antigen dan tes konfirmasi ketika diindikasikan,  penting untuk manajemen klinis yang akurat dari pasien dengan dugaan COVID-19, atau untuk identifikasi orang yang terinfeksi ketika digunakan untuk skrining.

Baca Juga: Vaksin Sinovac Tiba, Simak Fakta Vaksin Covid-19 Berikut

Seperti yang dilansir dari halodoc.com, antigen adalah molekul yang mampu menstimulasi respons imun. Molekul tersebut dapat berupa protein, polisakarida, lipid, atau asam nukleat. Tiap antigen memiliki fitur permukaan yang berbeda yang dikenali oleh sistem kekebalan.

Rapid test antigen dapat mendeteksi orang yang terinfeksi patogen seperti virus SARS-CoV-2, penyebab Covid-19. Berbeda dengan tes PCR yang mendeteksi keberadaan materi genetik, rapid test antigen mendeteksi protein atau glikan, yang ditemukan di SARS-CoV-2.

Lokasi tes swab antigen

Swab antigen dilakukan pada nasofaring dan atau orofarings.

(internal link: https://www.momsindonesia.com/article/others/masker-scuba-dan-buff-tidak-efektif-tangkal-virus-covid

Maka tes swab antigen efektif mendeteksi orang yang terinfeksi pada tahap awal karena beban virusnya paling tinggi. Walau begitu, jika hasil tesnya positif, perlu dilakukan tes PCR untuk memastikan diagnosisnya.

Berikut adalah tempat tes swab antigen:

Halodoc

Aplikasi layanan kesehatan digital ini juga menyediakan tes swab antigen, caranya memilih jenis layanan tes, memilih lokasi fasilitas kesehatan di berbagai wilayah Jabodetabek dan Surabaya, memilih layanan tes, apakah home care, drive thru, atau datang langsung, hingga mendaftarkan diri. Harga tes swab antigen mulai dari 299.000

Klinik Tridatama

Bagi Moms yang berdomisili di Tangerang Selatan, bisa mendatangi Klinik Tridatama di Jl. Villa Mutiara No. 9, Sawah Baru, Ciputat. Informasi lengkapnya bisa hubungi 0813 1142 148. Biaya 250.000 per orang untuk tes swab antigen.

CellScience

CellScience berlokasi di enam titik di Jabodetabek, yaitu Pantai Indah Kapuk, Mal Central Park, Lippo Mal Puri, Mal Kota Kasablanka, Lippo Mall Kemang, dan Alam Sutera. Biaya tes swab antigen sebesar 400.000. Moms bisa menghubungi 0815 1111 2023 untuk info detailnya.

AIC Medical Clinic

Untuk tes swab antigen di AIC, Moms bisa mendatangi lokasinya di Kuningan City Mall, bisa juga membuat janji di lokasi Moms dengan menghubungi 0856 9515 5646 (Riama). Biaya tesnya 250.000

Helix Laboratorium

Helix Laboratorium berlokasi di Jl. RTM No. 13 Cimanggis, Depok. Layanan tes swab antigen dikenakan biaya 350.000.

RS Jantung Diagram

Rumah sakit yang termasuk dalam Siloam Hospital Group menyediakan dua jenis layanan tes swab antigen, yaitu paket seharga 499.000 yang termasuk biaya tes dan surat keterangan hasil tes, paket kedua dipatok seharga 699.000 sudah termasuk biaya tes, sampel darah, konsultasi dokter umum, vitamin, dan surat keterangan hasil. Lokasinya di Jl. Cinere Raya No.19, Pangkalan Jati, Kec. Cinere, Depok.

Soewarna Rapid Test

Moms bisa mengecek informasinya di Instagram @soewarnarapidtest, lokasinya di Soewarna Business Park. Layanan dibuka pukul 04.00 – 20.000 WIB. Harganya cukup terjangkau, 200.000 rupiah.