Tiap kali dengar kata mertua,  pasti ada aja ekspresi yang tidak menyenangkan atau menakutkan. 

Bagi sebagian orang, mertua sama menakutkannya dengan film horor.  Pada film kartun, hubungan menantu dengan mertua mirip dengan Tom and Jerry dimana suka ada saja gesekannya. 

Jika saya ditanya apakah pernah berselisih dengan mertua selama pernikahan, tentunya saya akan jawab pernah. Hanya saja gesekannya lebih kepada perbedaan pendapat. 

Lalu, bagamana caranya hubungan dengan mertua adem ayem?  Sini,  saya bisikin tipnya : 

Perlakukan mertua layaknya orangtua sendiri 

Pernikahan bukan cuma antara kita dan suami tapi antardua  keluarga dengan  kebiasaan atau sifat yang berbeda. Nah, tugas kita sebagai istri adalah menghargai mertua.  Jika kita menganggap mertua sebagai orangtua sendiri, dijamin hubungan akan lengket. 

Jangan pilih kasih

Pilih kasih di sini adalah Moms lebih mementingkan orangtua sendiri dibandingkan mertua. Misal,  Moms memberi jatah bulanan kepada ibu sendiri, namun mengabaikan mertua. Sebaiknya berikan juga jatah bulanan kepada mertua. Dijamin deh Moms, bila  transferan lancar, hubungan dengan  mertua akan semakin dekat. Pokoknya tiap kali Moms membelikan sesuatu buat orangtua, belikan juga mertua 

Hargai pendapatnya 

Sering enggak sih,  mertua memberikan pendapat,  tapi kok ya enggak sesuai? Kalau  saya sih,  cukup di “iya” kan saja,  namun tidak dijalankan,  daripada membantah, akan  panjang urusannya.

Beri jadwal kunjungan 

Jika tinggal beda daerah dengan mertua,  luangkan waktu untuk mengunjunginya. Misalnya sebulan sekali. Jangan lupa bawakan oleh-oleh atau makanan kesukaannya. Moms pasti deh  auto dipuji-puji mertua ke tetangga . 

Luangkan waktu untuk mendengarkan curhatnya

Orangtua itu hobi bercerita. Cerita kejadian hari ini,  bahkan sekadar cerita sinetron yang kita enggak tonton. Biasanya saya akan mendengarkan saja ceritanya sambil sesekali bercanda atau menggodanya. 

Sesekali ajak mertua jalan

Punya mertua IRT pasti ada jenuhnya, seperti halnya kita. Jadi enggak ada salahnya jika sesekali mengajaknya keluar rumah untuk menyegarkan pikirannya. 

Beri pujian 

Pujian ini amat penting. Jadi kalau mertua masak atau buat sesuatu,  pujilah dengan mengatakan masakannya paling enak sambil minta resepnya. Kalau orang suka dipuji kan hatinya akan senang. Secara otomatis, hubungan dengan kita pun akan semakin baik. 

Sebenarnya masih banyak lagi hal yang bisa kita lakukan  agar dekat dengan mertua. Kata kuncinya cukup satu yaitu "Cintai mertua layaknya kita mencintai suami". 

Biasanya gesekan yang sering terjadi itu antara menantu perempuan dengan ibu mertua. Mana pernah dengar mantu laki berselisih dengan ibu mertua. Atau mantu perempuan dengan  bapak mertua. 

Mungkin banyak yang kurang dekat dengan mertua karena saling baper. Namanya juga sesama  perempuan,  walaupun sudah berumur tetap saja suka baper. Terlebih jika usia sudah kepala 5,  bakal lebih sensitif lagi perasaannya. 

Yuk Moms, sama-sama kita jaga perasaan agar saling mencintai dan dekat dengan mertua. Ingat ya Moms, mertua itu sama dengan orangtua sendiri, bedanya ya enggak melahirkan kita saja.