Aktivitas bersepeda kian meningkat di kala pandemi. Terbukti dari penjualan sepeda yang mengalami peningkatan hingga 75 persen di Indonesia. 

Menurut para pehobi tersebut, meningkatnya para pesepeda ini merupakan dampak kejenuhan di rumah karena tidak bisa melakukan aktivitas fisik seperti sebelum pandemi. Namun, keamanan bersepeda dalam penularan Covid-19 masih perlu diperhatikan, Moms.

Bersepeda memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan emosi, baik untuk jantung dan sirkulasi dan memperbaiki sistem pernapasan. Selain itu bersepeda juga melatih daya tahan dan kekuatan otot-otot tubuh.

Terlebih, menurut Dr. dr. H. Zaenal Muttaqin Sofro, spesialis kedokteran olahraga dan dosen di Universitas Gadjah Mada (UGM), gowes sepeda juga dapat menjaga kebugaran dan sistem imun tubuh, yang sangat dibutuhkan di masa pandemi ini.

Baca Juga : Panduan Olahraga di Ruang Publik Saat Pandemi

Nah, agar bersepeda saat pandemi tetap aman dari paparan virus, sikap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan merupakan kunci. Apa saja yang perlu diperhatikan?

 

Menggunakan masker

 

Menggunakan masker jelas merupakan “aturan” dalam mencegah penyebaran virus baik dari diri maupun ke orang lain. Jika perlu, Moms dapat menambahkan face shield untuk proteksi maksimal

 

Memastikan tetap bersepeda dengan intensitas ringan

 

Jika Moms melakukan latihan fisik dan olahraga dengan intensitas yang berat, maka suplai oksigen dalam tubuh akan berkurang, ditambah dengan penggunaan masker mengurangi masuknya oksigen ke paru-paru. Ini dapat menyebabkan kondisi hipoksia atau rendahnya kadar oksigen di sel dan jaringan. Jika ini terjadi, kerja jantung akan semakin lambat dan saluran udara terjepit, sering mengakibatkan kematian mendadak saat berolahraga.

 

Menjaga jarak dan menghindari keramaian

 

Poin ini sama pentingnya dengan memakai masker, Moms. Usahakan untuk menghindari tempat ramai dan menjaga jarak dengan pengendara sepeda lain sekitar 6 meter untuk menghindari risiko penularan dan menjaga keselamatan saat bersepeda di jalan raya.

 

Menghindari bersepeda berkelompok banyak orang

 

Bersepeda bersama teman-teman komunitas memang menyenangkan, namun sebaiknya untuk mengurangi risiko penularan dan kluster baru, Moms dapat tetap bersepeda dengan kelompok kecil yang terdiri dari dua hingga tiga orang. Pastikan orang tersebut aman dari Covid-19. Lebih baik lagi jika Moms bersepeda bersama pasangan yang jelas riwayat perjalanannya.

 

Membawa perlengkapan keamanan dan minum sendiri

 

Pada masa pandemi ini, usahakan untuk memakai peralatan pribadi dan membawa minuman sendiri. Melalui cara ini, Moms dapat mencegah penularan melalui kontak dengan orang lain, misalnya sesama pengendara atau penjaja minuman.

Lantas berapa lama sebaiknya kita bersepeda untuk mendapatkan manfaatkan kesehatan? Dr. Umar, MS., pakar olahraga dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang merekomendasikan waktu ideal bersepeda dan olahraga lain selama 1 – 1,5 jam, minimal tiga kali dalam seminggu, dan dilakukan dengan intens.

Baca Juga : Cara Mudah Jalan 10.000 Langkah Selama Pandemi