Tagihan listrik bisa jadi salah satu beban bulanan dengan alokasi anggaran rumah tangga yang lumayan besar. Apalagi jika di rumah Moms terdapat banyak peralatan elektronik. Biasanya, beban tagihan listrik membengkak karena alat elektronik sehari-hari seperti kulkas, AC, TV atau bahkan dispenser. Penggunaan alat-alat elektronik yang tidak dikelola dengan baik inilah yang justru bisa membuat tagihan listrik bulanan di rumah Moms terus membengkak. Jadi, bagaimana cara membudayakan hemat listrik di rumah? 

Menggunakan listrik dengan sistem pulsa (Prabayar) 

Cara menghemat listrik yang pertama yang terbukti efektif yaitu dengan menggunakan sistem listrik prabayar. Meteran listrik dengan sistem prabayar membuat Moms bisa mengatur sendiri besar kecilnya penggunaan listrik di rumah.Penggunaan listrik dengan sistem pulsa secara tidak langsung memaksa pengguna agar lebih bijak dan menghemat pemakaian listrik di rumah. 

Cabut kabel atau peralatan elektronik saat tidak digunakan 

Cara menghemat listrik berikutnya yang wajib dilakukan sudah pasti dengan mengefisienkan penggunaan listrik. Apakah Moms terbiasa meninggalkan charger ponsel terhubung ke stop kontak meskipun tidak digunakan? Jika iya, Moms harus segera menghilangkan kebiasaan buruk ini. 

Gunakan lampu LED 

Pasti pernah dengar ‘kan tentang lampu LED? Lampu ini memang harganya lebih mahal dibanding lampu biasa, tapi LED memiliki segudang keunggulan seperti hemat energi, lebih terang, tidak panas, dan daya pakainya pun lebih panjang. 

Gunakan AC hemat listrik 

Moms juga menyesuaikan kapasitas AC dengan besarnya ruangan. Pilih air conditioner terbaik dengan konsumsi rendah listrik agar tagihan listrik tidak jebol tanpa harus menderita panas-panasan di siang hari. 

Hindari penggunaan mesin pengering 

Bersyukur tinggal di indonesia karena dengan banyaknya panas matahari, kita gak perlu repot membeli atau menggunakan mesin pengering. Cukup jemur pakaian di tali jemuran pada siang hari, dan baju-baju akan kering total dalam waktu 1-2 jam. 

Gunakan air panas saat masak nasi dengan rice cooker 

Selain menghemat listrik, proses memasak nasi juga jadi lebih singkat. 

Itulah beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menghemat pemakaian listrik, ada pun manfaat yang kita dapatkan sebagai berikut: