Bagi Moms yang bekerja, melihat layar laptop mungkin sudah menjadi rutinitas tiap hari kerja. Menatap layar laptop sepanjang hari dapat membuat mata menjadi lelah dan tegang. Pencahayaan yang buruk dan kurangnya mata berkedip merupakan faktor penyebab kelelahan mata yang terus-terusan menatap layar.

Seringnya Moms menatap layar ditambah pula menatap layar handphone, yang membuat ketegangan pada mata semakin parah.

Baca Juga : Tips Jaga Kesehatan Mata Anak Selama Belajar dari Rumah

Ketegangan mata tidak hanya membuat Moms tidak nyaman, tetapi juga menurunkan produktivitas, meningkatkan risiko terjadi kesalahan kerja, sakit kepala, bahkan glaukoma atau gangguan penglihatan akibat kerusakan saraf mata.

Baca Juga : Pandemic Fatigue, Kelelahan yang Bikin Lengah

Menghindari penggunaan laptop dan handphone bukanlah pilihan pada sebagian besar Moms yang bekerja, namun jangan khawatir, Moms dapat meringankan kelelahan mata dengan latihan mata.

Latihan ini tidak hanya membantu mata Moms terasa lebih baik sehingga melakukan pekerjaan lebih efektif dan efisien, tetapi juga mengurangi penggunaan obat tetes tambahan.

Palming

Teknik latihan mata ini menggunakan telapak tangan Moms. Mulailah dengan memosisikan diri dengan nyaman, lalu gosokkan kedua telapak tangan hingga hangat. Lalu bentuk tangkupkan tangan menyerupai cangkir, letakkan tangan kiri pada mata kiri yang tertutup. Biarkan telapak tangan Moms menghangatkan mata dan membuatnya rileks selama beberapa menit.

Berkedip

Lelahnya mata akibat terus melihat layar juga dipengaruhi oleh kurangnya mata berkedip sehingga membuatnya kering dan gatal. Biasakan diri Moms untuk berkedip tiap empat detik saat bekerja menatap layar agar mata tetap terlumasi dengan baik. 

Memutar bola mata (eye-rolling)

Seperti halnya memutar leher yang kaku, memutar bola mata dapat membantu otot mata, Moms, terutama jika Moms bekerja menatap layar selama berjam-jam. Istirahat sebentar dari pekerjaan, lalu tutup kelopak mata, dan putar mata dengan gerakan melingkar. Gerakan ini dapat membantu melumasi mata dan meredakan otot mata yang tegang.

Melihat objek di sekeliling

Setelah berjam-jam melihat objek yang dekat, yaitu layar laptop, bantu mata Moms untuk menyesuaikan antara objek yang dekat dan jauh. Amati ruangan tempat Moms berada, lihat objek yang terletak jauh di ujung ruangan, lalu objek lainnya di ruangan. Hal ini bertujuan membuat mata Moms terus bergerak saat Moms mengamati segala sesuatu di sekitar secara visual.

Baca Juga : Zoom Fatigue Saat WFH, Kelelahan Akut Akibat Zoom

Sesekali fokus pada hal lain

Setelah berjam-jam melihat layar, istirahat sebentar dan fokuskan mata pada hal lain sesekali. Penting untuk mengalihkan pandangan dari layar laptop dan memfokuskan pandangan pada sesuatu yang lain selama beberapa detik atau satu menit. Setidaknya lakukan hal ini tiap satu jam sekali.

Rumus 20-20-20

Menurut dokter spesialis mata di RS Mata Cicendo Bandung, dr. Grimaldi Ihsan, SpM, Moms bisa juga menerapkan rumus 20-20-20, yaitu tiap 20 menit melihat layar, alihkan pandangan selama 20 detik melihat objek yang berada sejauh 20 kaki (6 meter) untuk mencegah lelahnya mata akibat menatap layar.

Menatap dengan mata tertutup

Untuk melakukannya, tutup mata Moms sambil duduk, lalu tatap ke atas sejauh mungkin sambil tetap menutup mata, tahan sebentar, lalu menatap ke bawah. Ulangi hal ini beberapa kali, tarik napas, lalu buka mata dan lihat sekeliling. Moms bisa melanjutkannya dengan bergantian menatap ke kanan dan kiri sambil tetap menutup mata.