Penyimpanan daging ayam merupakan pekerjaan yang bisa dikatakan mudah tetapi juga sulit. Daging ayam memiliki banyak sekali tipe bakteri yang sangat mudah berkembang jika penyimpanan dan pengolahannya tidak sesuai. 

Secara umum masyarakat Indonesia lebih sering menyimpan daging ayam di dalam freezer atau di lemari es, tetapi apakah hal tersebut sudah benar ? Daripada salah teknik penyimpanan,  berikut ini langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam menyimpan daging ayam di rumah. 

Pemilihan daging ayam 

Langkah pertama yang terpenting adalah memilih  daging yang baik. Jangan pernah memilih daging ayam yang mendekati tanggal kedaluarsa. Hindari daging ayam yang berwarna pucat, memiliki aroma kuat dan berlendir. Pilihlah daging ayam yang terlihat segar dan berkualitas baik. 

Bagi daging ayam untuk sekali pakai 

Sebelum menyimpan daging ayam,  hendaknya Moms memotong daging menjadi beberapa bagian yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Membagi daging ayam sebelum dibekukan dapat mempermudah Moms dalam proses memasaknya nanti. Daging ayam juga terhindar dari kontaminasi akibat pembekuan yang dilakukan berulang kali. 

Hindari mencuci ayam 

Beberapa orang berpikir bahwa mencuci ayam menggunakan air sebelum dibekukan akan membuat ayam tersebut lebih bersih. Ternyata yang terjadi malah sebaliknya, Moms.  Mencuci daging ayam justru bisa menyebabkan terjadinya kontaminasi silang dari daging ayam dan air yang digunakan untuk mencuci. Untuk memastikan ayam bersih dan tidak mengandung terlalu banyak air,  Moms bisa menggunakan tisu dapur untuk mengeringkan dan membersihkan daging ayam sebelum daging ayam disimpan. 

Perhatikan suhu dan waktu penyimpanan 

Penyimpanan ayam umumnya disimpan pada suhu di bawah 4 derajat Celcius untuk menghindari perkembangan bakteri. Selain memerhatikan suhu yang sesuai, Moms juga perlu memerhatikan waktu penyimpanan daging ayam. Sebelum memasukkan ayam ke dalam freezer, pastikan Moms telah memberi label berupa tanggal Moms membeli dan menyimpan ayam. 

Hindari kontaminasi silang 

Jika daging ayam sudah di dalam freezer apakah daging ayam 100 % aman dari kontaminasi silang? Jawabannya tidak. Moms harus memerhatikan juga teknik penyimpanan daging ayam di kulkas atau freezer. Hindari menyimpan daging ayam tanpa kontainer makanan dan bersentuhan dengan bahan makanan mentah atau matang lain di dalam kulkas atau freezer. Simpanlah ayam dalam keadaan tertutup rapat untuk mencegah kebocoran dan kontaminasi.