Masih menjalani puasa, Moms? Di bulan Ramadan ini, tidak hanya hati, fisik, dan mental yang harus Moms persiapkan tapi juga keuangan.  Meski selama sebulan, Moms akan lebih jarang makan karena berpuasa, bukan berarti pengeluaran  akan berkurang, lho.  Biasanya banyak orang yang pengeluarannya malah jadi membengkak selama Ramadan. Mahalnya biaya bahan makanan  dan biaya ‘jajan’ tak terduga, menjadi faktor utama meningkatnya pengeluaran Moms. Maka itu, jangan lupa untuk tetap mengatur keuangan ya. Mau tahu caranya? Ini beberapa cara yang bisa Moms praktikkan: 

 

Buat rencana keuangan 

Cara mengatur keuangan saat bulan puasa pertama adalah dengan membuat rencana keuangan. Pisahkan dana untuk belanja kebutuhan memasak sahur dan berbuka, membeli pakaian, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Jangan lupa siapkan dana cadangan untuk hal yang tidak terduga ya. 

 

Masak menu sahur dan berbuka sendiri 

Cara mengatur anggaran bulan puasa selanjutnya adalah dengan memasak sendiri menu sahur dan berbuka. Hal ini akan mengurangi pengeluaran selama bulan puasa. Jangan lupa Moms  siapkan daftar menu masakan selama satu bulan penuh agar dapat berbelanja sesuai kebutuhan menu masakan. 

 

Sisihkan untuk membayar zakat fitrah 

Bulan Ramadhan umumnya juga dimanfaatkan sebagai momen untuk saling membantu, bantuan yang disebut zakat fitrah ini bisa berupa uang maupun barang kepada orang yang ingin dibantu. Jika Moms berencana untuk memberi zakat berupa uang,  maka sisihkan terlebih dahulu, samakan sistemnya dengan menabung. Rencanakan dengan jelas ke mana saja Moms akan mengalokasikan zakat yang sudah  disiapkan. Tidak hanya itu, Moms juga  dapat memberi zakat berupa barang berupa baju layak pakai maupun sembako. Sebaiknya Moms  sisihkan terlebih dahulu untuk zakat, baru pengeluaran lainnya menyusul di belakang. 

 

Tahan keinginan untuk berbelanja 

Jangan boros berbelanja ya Moms. Sama halnya dengan menahan hasrat untuk makan dan minum, saat puasa Moms juga harus bisa menahan keinginan  untuk berbelanja yang tidak terlalu penting selama bulan Ramadan. Meski banyak promosi dan diskon menarik yang akan membuat Moms tergiur, namun Moms harus bisa menahan diri untuk tidak boros. Penuhi dulu semua kebutuhan di rumah,  setelah itu baru pakai sisanya  untuk berbelanja. Kendalikan diri Moms agar keuangan tetap teratur ya. 

 

Berkomitmen dengan rencana keuangan 

Semua akan sia-sia jika Moms tidak berkomitmen dalam menjalankannya. Memiliki komitmen yang teguh akan membuat Moms tetap menjalani perencanaan yang sudah Moms buat. Dengan begitu, mengatur keuangan menjadi lebih mudah dan pengeluaran bisa lebih terkontrol. Jaga terus komitmenmu pada rencana di awal bulan. 

 

Nah, beberapa poin di atas adalah cara mengatur keuangan selama  Ramadan. Tip tersebut akan memudahkan Moms dalam  mengatur anggaran bulan Ramadan sehingga Moms  dapat berhemat dan tidak tekor pada saat lebaran. Selamat mencoba ya Moms.