Penuaan adalah hal yang alamiah terjadi pada setiap manusia. Menjadi tua bukan sebuah aib maupun sesuatu yang buruk. Namun, ketika keriput dan guratan-guratan yang merupakan salah satu tanda penuaan muncul terlalu dini tentunya ini dirasakan akan mengganggu penampilan. Benar tidak, Moms? Nah, tidak perlu khawatir, Moms bisa coba tip mengurangi keriput secara alami berikut ini untuk memperlambat proses penuaan tersebut.

Gunakan tabir surya 

Menurut sebuah studi pada tahun 2013 oleh Annals of Internal Medicine, penggunaan tabir surya dapat menghambat munculnya tanda penuaan kulit. Nah, selain mengurangi paparan matahari secara berlebihan, Moms bisa menggunakan tabir surya yang melembapkan setiap hari sebagai pertahanan jangka panjang dari efek buruk sinar matahari. 

Lidah buaya 

Lidah buaya atau aloe vera adalah salah satu tanaman yang secara tradisional banyak digunakan sebagai bagian dari perawatan kulit. Ternyata nih, Moms, tidak hanya punya manfaat ketika dioleskan langsung ke kulit, lidah buaya dalam bentuk suplemen juga punya efek yang baik untuk kulit. Dalam sebuah studi yang dilakukan di Korea pada tahun 2009 ditemukan bahwa penggunaan suplemen lidah buaya secara signifikan mengurangi keriput di wajah. 

Gaya hidup sehat 

Tidak merokok, cukup tidur, dan mengonsumsi diet gizi seimbang yang kaya antioksidan dari buah dan sayuran tidak hanya punya dampak jangka panjang yang baik pada kesehatan tubuh secara umum, tetapi juga berdampak langsung pada kesehatan kulit lho, Moms! Bahkan, tahukah Moms, konsumsi makanan tidak sehat seperti yang tinggi gula atau gorengan tidak hanya membuat timbangan bergeser ke kanan tapi juga membuat kulit Moms lebih cepat keriput karena akan diolah dalam tubuh menjadi advanced glycation end products (AGEs) yang punya efek buruk pada kulit. AGEs selanjutnya memecah kolagen dalam tubuh, dan dalam jangka panjang akan membuat Moms terlihat lebih tua. 

Keriput memang sesuatu yang tidak bisa kita tolak terjadi pada kulit kita. Namun, apabila munculnya keriput di wajah Moms dirasa tidak wajar dan meski sudah mencoba tip mengurangi keriput secara alami di atas, tidak tampak ada perubahan, Moms bisa ke dokter kulit untuk meminta saran, ya.

Baca Juga: 3 Masker Alami untuk Kulit Glowing