Vagina dirancang untuk menjaga dirinya tetap bersih dengan bantuan sekresi alami (keputihan). Vagina adalah tabung otot dalam tubuh Moms yang membentang dari serviks (lubang rahim) hingga lubang vagina. Organ seks eksternal, yang disebut vulva, mengelilingi lubang vagina. Nah, dengan menjaga kesehatan Moms sehari-hari, ternyata dapat membantu menjaga vagina tetap dalam kondisi yang baik. 

”Secara umum, kesehatan vagina bisa dipertahankan dengan memastikan wanita dalam keadaan sehat lewat menu makanan dan olahraga,” ucap Dr Suzy Elneil, konsultan dalam urogynaecology di University College Hospital, London, dan juru bicara Wellbeing of Women. Nah, berikut ini cara merawat kebersihan dan kesehatan vagina dilansir dari NHS.uk: 

Jaga agar vagina tetap bersih dan kering 

Kain yang mudah bernapas adalah pilihan yang ideal untuk pakaian dalam. Ini dapat menurunkan kelembapan karena membuat kulit lebih  dingin dan kering. Dengan kain yang bisa bernapas seperti katun, Moms memiliki risiko yang lebih kecil terhadap pertumbuhan bakteri dan infeksi. 

Jangan disentuh  

Vagina tahu cara merawatnya sendiri. Ini membersihkan diri dan secara alami menghasilkan beberapa cairan yang membantu menghilangkan kuman dan bakteri dari tubuh Moms. Jadi, membersihkan atau menggunakan pembersih atau sabun yang keras dapat mengganggu keseimbangan pH alami  dan dapat mengiritasi vagina dan membersihkan bakteri baik. 

Makan dengan benar 

Mempertahankan pola makan yang sehat dapat membuat tubuh dan vagina menjadi sehat.  Makanan seperti yogurt dengan kultur hidup,  mengandung bakteri baik untuk Moms yang membantu meningkatkan kesehatan vagina. Jika Moms rentan terhadap infeksi saluran kemih, penelitian di Archives of Internal Medicine menyarankan untuk mengonsumsi cranberry setiap hari. 

Gunakan handuk baru 

Cuci dan ganti handuk dan serta lap setelah Moms menggunakannya. Menggunakan kembali handuk tidak bijaksana karena bakteri dapat menempel pada permukaan ini. Dan itu meningkatkan risiko infeksi. 

Tidur Telanjang 

Tidak bohong, tidur telanjang bisa menyehatkan vagina lho. Manfaatnya tidak berhenti di situ saja. Sebuah penelitian Effects of Temperature on Sleep: Manipulating Body Temperature to Improve Sleep Quality, Onset, and Arousal, menunjukkan bahwa suhu yang lebih dingin sangat baik untuk kesehatan vagina. Merawat kesehatan vagina membutuhkan proses dan tidak cukup hanya dengan satu langkah saja. Ada banyak yang dapat Moms lakukan setiap hari untuk memastikan vagina terlindungi dengan baik