Beberapa waktu terakhir di dunia skincare, kandungan vegan caviar atau green caviar semakin diminati. Disebut juga latoh, anggur laut atau nama latinnya, Caulerpa lentilifera, merupakan salah satu jenis rumput laut yang berbentuk bulat-bulat kecil. Biasanya dikonsumsi sebagai urap latoh, yaitu makanan khas daerah pesisir di Desa Dasun, Rembang, Jawa Tengah.

Vegan caviar yang merupakan bahan alami ini mengandung banyak mineral dan vitamin, efektif untuk mencegah penuaan dini, obesitas, dan tekanan darah tinggi, Moms.

Sebagai makanan, vegan caviar dalam urap latoh cukup mudah untuk diolah. Tidak perlu dimasak, hanya dicuci lalu dicampurkan ke bumbu urap, yaitu bawang putih, cabai keriting, kencur, daun jeruk, terasi dan garam.

Manfaat latoh bagi kesehatan tak bisa diremehkan, Moms. Kandungannya yang kaya akan serat, selenium, zinc, zat besi, dan protein, mampu mencegah risiko anemia karena membantu pembentukan hemoglobin dalam tubuh.

Latoh yang merupakan tanaman laut ini juga mengandung klorofil dan antioksidan yang mengatasi radikal bebas pada tubuh.

Baca Juga: Jenis Minyak Alami untuk Perawatan Kulit, Simak Yuk!

Sementara sebagai perawatan kulit, vegan caviar yang mengandung kalsium, zat besi, vitamin, dan mineral, membantu memperbaiki kulit yang rusak dengan cara memberi efek melembapkan pada kulit. Selain itu, vegan caviar juga kaya akan asam amino yang bertindak sebagai kolagen sehingga efektif bagi elastisitas kulit, mencegah kulit cepat kendur.

Baca Juga: Tip Merawat Kulit Leher Agar Tak Cepat Kendur

Berikut adalah manfaat vegan caviar bagi kulit.

  1. Alga ini kaya akan vitamin A dan C yang membantu meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi munculnya garis-garis halus pada kulit.
  2. Vegan caviar kaya mineral, seperti fosfor, magnesium, tembaga, kalsium, dan polisakarida yang membantu kulit mempertahankan kelembapan dan menjaganya sepanjang hari.
  3. Vegan caviar tinggi akan asam lemak omega yang membantu memperbaiki kolagen dan meratakan warna kulit.
  4. Vegan caviar kaya akan protein dan asam amino yang membantu mengencangkan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.
  5. Mencegah terjadinya retensi air atau kelebihan cairan pada tubuh, dengan cara menghidrasi kulit menggunakan kelembapan yang diserap dari udara. 
  6. Vegan caviar mengandung antioksidan, sehingga dapat menjadi pelindung alami kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV, sekaligus menutrisi kulit.
  7. Vegan caviar memiliki struktur yang mirip dengan struktur sel kulit manusia, Moms, sehingga membantu mempercepat proses rejuvenating atau peremajaan kulit.

Vegan caviar diproduksi dalam berbagai produk, ada pelembap, serum, face mist, eye-cream, hingga hydration mask. Moms bisa mendapatkannya di berbagai marketplace, jangan lupa riset dan pilih toko dan produk yang tepercaya dan sesuai dengan kondisi kulit Moms ya.

Baca Juga: Manfaat Salad Bagi Kesehatan Kulit, Bisa Haluskan Kulit