Bagi orang dewasa, proses makan merupakan hal yang mudah. Makan adalah aktivitas yang bisa dilakukan orang dewasa tanpa berpikir. Namun, bagi anak-anak terutama yang baru memulai masa MPASI, makan adalah suatu proses yang kompleks. Mulai dari proses mengambil makanan, mengarahkan ke mulut, mengunyah, hingga menelan, membutuhkan banyak koordinasi, dari  mata hingga motorik halus dan kasar. Oleh sebab itu, agar anak bisa melakukannya dengan baik, mereka perlu diberikan kesempatan untuk berlatih. Bagaimana cara melatih anak makan sendiri, ya? Yuk, kita simak ulasannya. 

Makan bersama 

Makan tidak hanya berfungsi sebagai sarana pemenuhan zat gizi untuk tubuh, tetapi juga memiliki fungsi sosial. Saat makan bersama, anak tidak hanya belajar mengenai adab dan tata cara makan, namun juga sekaligus menjadi momen berkualitas untuk membangun kedekatan bersama anggota keluarga lainnya. Momen makan bersama menjadi kesempatan Moms untuk memberikan contoh mengenai cara makan pada si Kecil. Anak adalah peniru ulung, mengajaknya makan bersama menjadi peluang untuk anak meniru idola terbaiknya: orang tuanya! 

Mulai dengan finger food 

Finger food atau makanan yang mudah digenggam adalah permulaan yang baik untuk memancing anak agar mau makan sendiri. Biasanya kemampuan anak untuk menjimpit dan mengarahkan makanan ke mulut mulai berkembang baik pada usia 9 bulan. Nah, Moms mulai bisa memperkenalkan makanan-makanan yang mudah digenggam anak seperti stik kentang atau kroket. 

Mengenalkan alat makan yang menarik 

Menggunakan alat makan dengan bentuk dan warna yang menarik juga bisa menjadi pancingan agar anak mau mencoba makan sendiri, Moms. Untuk tahap pertama, Moms bisa mulai dengan mengenalkan sendok terlebih dahulu. Untuk memudahkan anak, Moms bisa memilih sendok makan bayi yang bentuk gagangnya melengkung ke arah dalam sebagai sendok pertama anak. Hal ini karena untuk membuat gerakan menyendok dan menyuap dengan sendok normal mungkin akan sedikit sulit bagi anak. Sendok melengkung ini akan mengurangi rasa frustasi anak dan membantunya untuk lebih semangat mencoba makan sendiri. 

Jangan diberi tekanan 

Tak ada yang lebih buruk ketimbang sesi makan yang penuh tekanan lho, Moms. Ketika mengajari si Kecil makan sendiri, berantakan dan menghabiskan waktu lama adalah hal yang tidak bisa dihindari. Jangan tekan anak untuk bisa segera menyelesaikan proses makannya dengan cepat dan bersih, sebab hal ini justru bisa berbalik dan membuat anak enggan untuk makan sendiri. Tetap jaga suasana makan yang menyenangkan agar anak tetap semangat mencoba. Nah, bagaimana, Moms? Siap mencoba tip di atas?