Sejak pemerintah mengeluarkan keputusan meliburkan sekolah untuk mencegah penyebaran virus COVID-19,  kegiatan belajar anak, sepenuhnya berada rumah. Tidak bisa keluar rumah dan bepergian selama wabah Covid-19, terkadang membuat anak jenuh, termasuk dalam soal makanan. Jika biasanya Mom menyelingi makanan si Kecil dengan snack dari gerai makanan favorit, kini dengan waktu luang yang tersedia di rumah, Mom bisa membuatnya sendiri untuk si Kecil. 

Makanan si Kecil selain harus menarik agar meningkatkan selera makannya, juga harus sehat dan bernutrisi, apalagi di musim wabah pandemic seperti ini. Kesehatan dan peningkatan daya tahan tubuh anak menjadi prioritas 

Berikut beberapa rekomendasi resep sederhana dan sehat yang bisa Mom coba di rumah selama masa social distancing.

 

  • Pie susu Teflon

 

Resep yang beberapa waktu lalu sempat berseliweran di sosial media ini viral karena cukup mudah untuk dibuat, bahkan oleh pemula. Selain itu, rasanya yang manis serta perpaduan bagian dalam yang lembut dan luar yang krispi cocok untuk lidah si Kecil.

Bahan kulit:

  • 200 gram tepung terigu
  • 100 gram margarine
  • 1 butir telur
  • 1 sdm tepung maizena

Bahan fla:

  • 100 ml susu kental manis
  • 100 ml air
  • 50 gram tepung maizena
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 butir kuning telur
  • ½ sdt vanilla bubuk

Cara membuat:

  1. Untuk bagian kulit, campurkan tepung dengan margarin, aduk rata. Masukkan telur dan maizena, uleni hingga kalis dan diamkan.
  2. Untuk bagian fla, larutkan tepung maizena dengan air, tuang susu kental manis, gula, dan kuning telur. Aduk rata. Masukkan vanili bubuk dan aduk merata lagi.
  3. Oles dengan margarin pada teflon hingga merata. Pipihkan adonan hingga selebar teflon. Lapisi teflon dengan adonan hingga membentuk mangkok atau bentuk teflon. Tusuk-tusuk bagian bawahnya dengan garpu. Tuang adonan fla. Atau Anda bisa menumpuk dua tatakan kompor agar adonan kulit tidak cepat gosong.
  4. Ketika permukaan pie sudah mengeras dan padat, pie susu teflon siap dinikmati.
  • Sostel 

Jajanan yang sedang marak ini cukup disukai oleh anak-anak. Sostel atau sosis telur ini banyak dijajakan dan menjamur sejak munculnya mesin egg roll otomatis. Hanya dengan memasukkan sosis utuh, telur, isian tambahan dan menusukkan tusuk sate,  Mom sudah dapat menikmati sostel yang lezat. Karena saat ini anak tidak bisa bebas keluar rumah untuk jajan, jalan keluarnya adalah dengan membuatnya sendiri di rumah. Tanpa perlu mesin egg roll, Mom bisa membuatnya, lho. Coba, deh resep ini

Bahan:
4 butir telur, 4 buah sosis, daun bawang dirajang, seledri dirajang, wortel parut, keju cheddar parut, penyedap rasa, dan garam

Alat:
Plastik es loli / cetakan es tahan panas dan stik es krim

Cara membuat:
1. Kocok telur, campurkan daun bawang, seledri, wortel, keju, penyedap rasa dan garam, kocok hingga merata.
2. Masukkan ke dalam plastik es loli dan ikat, atau ke cetakan es dan selipkan stik es krim di tengahnya.
3. Kukus sampai matang, keluarkan dari cetakan.
4. Goreng sebentar dengan minyak panas.
5. Sajikan dengan saos dan mayonnaise.

Resep-resep di atas bisa dicoba untuk snack si kecil selama di rumah, Mom juga bisa menjadikannya sebagai aktivitas bersama dengan mengajak si Kecil untuk membuat bersama. Selamat mencoba.