Buah hati Moms tidak selalu manis dan lucu sepanjang waktu,  tetapi ada masanya seorang anak akan menjadi lebih manja atau cengeng yang terkadang membuat Moms kehabisan kata-kata. Rengekan dan tangisannya sepanjang waktu bisa membuat Moms kebingungan dan mungkin kehabisan kesabaran. 

Banyak dari orangtua,  tidak jarang akan meng-iya-kan atau membuat semua mudah dengan menuruti semua rengekan dan tangisan si anak. Tetapi tindakan tersebut kurang tepat lho,  Moms.  Kunci terpenting adalah jangan pernah menyepelekan masalah karakter anak seperti cengeng dan manja seperti ini. Penting untuk orangtua memahami penyebab anak cengeng atau manja. 

Penyebab yang umum untuk anak dibawah usia 2 tahun adalah belum sempurnanya kemampuan komunikasi anak sehingga komunikasi yang paling mudah adalah lewat rengekan atau tangisan. Tetapi untuk anak yang sudah lebih besar bisa disebabkan oleh beberapa sebab umum,  antara lain sifat anak yang memang sensitif atau pola asuh yang keliru. Orangtua sebaiknya tidak menyepelekan permasalahan anak seperti ini karena akan mengakibatkan permasalahan yang berhubungan dengan kepribadian di kemudian hari. 

Berikut adalah tip dan trik untuk menangani anak yang cengeng dan manja : 

Stok kesabaran unlimited 

Jangan mudah terpancing emosi Moms. Anak yang menangis atau merengek sepanjang waktu memang akan membuat Moms habis kesabaran. Terdengar klise tapi kuncinya adalah sabar. Mengikuti emosi akan membuat anak merasa terancam atau bahkan trauma serta merasa tidak disayangi oleh orangtuanya. Bila anak menangis, tanyakan dengan lembut, apa yang membuat ia menangis dan apa keinginannya. 

Tetap santai dan tidak bereaksi berlebihan 

Terkadang banyak dari orangtua akan panik dan cenderung heboh ketika anak mulai meraung-raung hingga tantrum tanpa sebab yang jelas. Tipnya adalah tetap tenang dan netral,  dengan begitu anak akan belajar bahwa komunikasi terbaik adalah dengan cara bicara baik-baik dan jelas bukan dengan menangis. 

Ajari anak untuk mengelola emosi 

Teknik ini butuh kesabaran dan kedekatan dengan anak. Mengajari emosi sangat penting agar anak mampu mengelola emosinya secara mandiri. Ajarkan anak mengenai cara menenangkan diri hingga cara meluapkan emosi dengan bijak. Hal ini sangat berguna untuk keterampilan anak mengelola emosi ketika dewasa nanti. 

Mencontohkan perilaku yang baik 

Orangtua adalah role model.  Ungkapan ini adalah realita yang tidak bisa dipungkiri. Orang tua adalah sosok paling dekat dan paling sering ditemui serta berkomunikasi. Hal ini adalah langkah yang tepat untuk orang tua menjadi contoh yang baik bagi anak. 

Berikan kegiatan yang seru 

Langkah pertama adalah temukan kegiatan favorit anak. Anak-anak mungkin menyukai kegiatan seperti berenang, melukis hingga bernyanyi. Selain untuk mengalihkan emosi anak,  juga bermanfaat agar anak lebih mengenal dunia luar. 

Di atas adalah 5 langkah mudah untuk mengatasi anak yang cengen dan manja. Tetaplah bersabar dan semoga berhasil ya Moms.