Memiliki anak yang gemar membaca buku adalah salah satu harapan orang tua, terlebih di zaman digital seperti saat ini. Tetapi, tahukah Moms bahwa membangun kebiasaan membaca dapat dilakukan sejak bayi? Berikut ini adalah rekomendasi jenis buku yang bisa Moms pilih untuk bayi: 

Cloth Book 

Buku dengan material kain ini sangat cocok untuk bayi karena ringan dan relatif aman jika bayi mulai suka menggigit. Sebaiknya Moms pilih buku dengan warna yang cerah dan dengan satu objek fokus di tiap halaman, karena penglihatan bayi masih sangat terbatas. Cloth book ini cocok digunakan sejak usia 0+ bulan. Pastikan Moms selalu luangkan waktu untuk membacakan cerita, ya. 

Bath Book 

Jenis buku ini memiliki bahan seperti pelampung, sehingga buku ini akan tetap mengapung di atas air. Cocok sebagai pengganti mainan saat mandi ya, Moms. Sambil memandikan bayi, Moms bisa sembari membacakan cerita, pasti akan jadi semakin seru! 

Sound Book 

Sesuai namanya, sound book adalah jenis buku yang dilengkapi dengan fitur suara yang akan keluar melalui speaker di dalam buku tersebut. Moms dapat mengajari bayi mengenal berbagai hal, mulai dari suara hewan, suara kendaraan, sampai suara animasi. Buku ini cocok untuk usia bayi 8 bulan ke atas, karena termasuk kategori board book. Sebaiknya bayi selalu dalam pengawasan Moms  saat bermain dengan buku.

Texture Book 

Termasuk kategori board book lainnya adalah texture book. Moms bisa mengaktifkan indera peraba bayi melalui buku jenis ini. Di dalam texture book biasanya berisi gambar yang disertai tekstur sesuai gambar tersebut. Misalnya, di satu halaman berisi gambar bebek, maka saat bayi Moms menyentuh gambar tersebut akan teraba bulu-bulu halus seperti bulu bebek. Texture book ini juga sebaiknya dikenalkan sejak bayi usia 8 bulan. 

Nah, ternyata banyak juga ya, Moms rekomendasi buku untuk bayi. Dengan aktif membacakan cerita dan mengenalkan buku sejak dini, maka semakin besar,  ia akan makin gemar membaca buku. Tetap semangat ya, Moms.