Selama Ramadan ini pastinya banyak tontonan islami yang ditayangkan di televisi namun tidak semua bisa dijadikan tontonan anak karena kontennya yang masih terlalu berat untuk dipahami oleh anak anak. Seperti yang kita ketahui bahwa dunia anak adalah dunia bermain dan bersenang senang. Nah tontonan kartun masih menjadi pilihan utama bagi anak anak.Tapi tidak usah khawatir Moms karena selama Ramadan ini beberapa stasiun televisi menayangkan serial kartun yang bernilai islami dan memberikan edukasi positif bagi anak. Sehingga sambil menonton anak bisa mendapatkan banyak pelajaran baru namun dengan cara yang menyenangkan.Berikut beberapa rekomendasi tontonan kartun untuk anak selama Ramadan: 

 

Nussa dan Rara 

Serial kartun ini sebelumnya ada di Youtube.  Namun kini kita bisa saksikan di stasiun Trans Tv setiap hari pukul  4.30 dan 16.30. Nusa dan Rara ini mengisahkan tentang kakak beradik bernama Nusa dan Rara.  Tokoh Nusa digambarkan memiliki ketidaksempurnaan akibat kecelakaan dan bercita cita menjadi seorang hafidz Quran. Kisahnya sarat dengan nuansa islami terlebih ada lagu-lagu islami yang enak didengar dan mudah dihafal oleh anak. Dengan menonton kartun ini anak bisa sambil belajar agama dengan cara yang menyenangkan bersama Nusa dan Rara 

 

Upin dan ipin 

Kartun ini sangat populer di indonesia sejak lama. Selama Ramadan ini,  Upin dan Ipin bisa disaksikan di MNCTV pada pukul 7.00,12.00 dan 16.00.  Kartun yang berasal dari Malaysia ini menceritakan tentang si kembar kakak beradik Upin dan Ipin beserta nenek, kak Ros dan kawan kawan. Walaupun menggunakan bahasa Melayu namun masih bisa dimengerti karena banyak kata yang hampir sama dengan bahasa indonesia. Upin dan Ipin  ini juga seringkali memuat konten islami seperti mengaji, momen saat puasa, taraweh dll. Kartun ini juga dikemas dengan adegan lucu yang mengundang tawa.  

 

Omar dan Hana 

Omar dan Hana sebelumnya ditayangkan di youtube,  namun pada Ramadan ini kita bisa saksikan di RTV setiap hari pada pukul 5.30 dan 14.30.Omar dan Hana ini juga sarat akan muatan islami yang dikemas secara menarik dan mudah dimengerti oleh anak anak. 

 

Itulah beberapa rekomendasi tontonan anak selama bulan Ramadan. Meski aman untuk anak-anak namun sebaiknya saat menonton,  anak tetap perlu didampingi oleh orangtua. Selain mengawasi, Moms juga bisa memberikan penjelasan terkait pesan-pesan penting yang disampaikan film tersebut. 

 

Menonton televisi bisa menjadi kegiatan untuk mengisi hari selama Ramdan.  Namun pastikan juga tontonan tersebut layak untuk dikonsumsi oleh anak ya, Moms.