Moms dan Dads, jangan ragu menghabiskan waktu bersama keluarga dengan kegiatan berkemah. Karena melalui kegiatan ini, anak dikenalkan pada cinta terhadap alam. Sebelum pergi berkemah ada baiknya Moms dan Dads memerhatikan tips berikut ini: 

  •  Cari tempat perkemahan yang tepat 

Pilihlah tempat perkemahan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah, memiliki konsep keluarga, fasilitas yang lengkap dan memiliki aktivitas yang bisa dilakukan seluruh anggota keluarga, seperti memetik buah, memancing, dan sebagainya. 

  • Bawa makanan favorit anak 

Salah satu yang menarik dari berkemah adalah memasak makanan di sekitar api unggun. Karena itu bawalah bekal makanan yang Moms dan keluarga sukai. Bawa juga camilan yang jadi favorit anak. Karena nafsu untuk ngemil camilan biasanya tinggi saat berada di udara dingin.

  • Bawalah mainan favorit anak 

Moms bisa membawa satu atau dua mainan favorit si Kecil agar tidak rewel saat berada di perkemahan atau merasa bosan. 

  • Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman 

Bawalah bantal dari rumah atau selimut favorit si Kecil  agar dia merasa nyaman saat tidur di dalam tenda.  

  • Bawa pakaian hangat 

Suhu bisa turun di malam hari meskipun panas dan cerah di siang hari. Bawalah pakaian untuk lapisan sehingga anak-anak dapat memakai atau melepas pakaian sesuai kebutuhan untuk menyesuaikan dengan perubahan suhu. 

Itulah beberapa tips agar sukses berkemah bersama anak. Oh ya, dengan mengajak anak berkemah, ternyata banyak manfaatnya lho, Moms. Ini beberapa manfaat berkemah: 

1. Melatih anak beradaptasi 

Anak yang terbiasa mengikuti kegiatan alam akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru. Ini cara yang baik untuk meminimalisasi  sifat anak yang terlalu pemalu dan tidak percaya diri.

2. Melatih keberanian dan disiplin

Melalui kegiatan perkemahan anak dilatih untuk berani dan disiplin. Ia akan belajar bagaimana menjadi pemimpin dan dipimpin. Misalnya, anak berlatih disiplin ketika mengikuti agenda yang telah disiapkan. 

3. Mengajarkan pentingnya bekerja sama 

Kegiatan berkemah dilakukan secara bersama-sama. Mulai dari hal kecil seperti mencari kayu bakar dan mendirikan sebuah tenda. Dari sini anak akan memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dan mampu bekerja sama dengan baik. 

4. Mengendalikan emosi 

Karena perkemahan biasanya dilakukan untuk kepentingan bersama, maka secara otomatis  anak akan melatih emosi dan egonya. Seperti perasaan takut yang berlebihan, rindu kepada orang tua yang berlebihan, dan lain-lain. 

5. Melatih menghadapi tantangan

Pergi berkemah akan mengajarkan anak untuk siap dalam menghadapi tantangan. Misalnya terjadi hujan dan anak harus siap dengan permasalahan dan perencanaan yang baik. Ini merupakan proses dalam membangun karakter yang sehat dan kuat. 

Berkemah bersama keluarga bisa menjadi suatu kegiatan rekreasi yang menyenangkan dan tentunya juga dapat membantu anak-anak tumbuh lebih mandiri. Bagaimana Moms? Siap untuk berkemah di akhir tahun? 

Baca Juga :Terbukti Secara Sains! Manfaat Ajak Anak Bermain