Akhir tahun seringkali ditandai dengan datangnya musim penghujan, Moms. Cuaca yang dingin, bau tanah yang diguyur hujan, hingga membersihkan udara dari kotoran/polusi mungkin beberapa alasan hujan cukup disukai Moms dan anak-anak. 

Di sisi lain, perubahan cuaca juga diketahui membawa bakteri yang menyebabkan infeksi dan penyakit.

Baca Juga : 7 Tip Agar Anak Tetap Sehat Selama Musim Hujan

Apa pun itu, perubahan musim ini sebaiknya dihadapi dengan bijak agar anak dan keluarga tidak terkena penyakit di musim hujan dengan menyediakan vitamin dan obat-obatan di rumah. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah memilih makanan yang sebaiknya dihindari di musim hujan untuk menghindari penyakit. 

Sebelum itu, simak dulu makanan yang sebaiknya dikonsumsi anak di musim hujan berikut, Moms:

Bawang putih

Bumbu masakan satu ini hampir selalu ada di dalam tiap masakan Indonesia. Ternyata manfaatnya juga banyak, Moms. Bawang putih kaya akan antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap penyakit, juga mengatur metabolisme tubuh, Moms. Walau begitu, sesuaikan kadar bawang putih dalam masakan karena terlalu banyak bumbu tidak baik untuk anak yang masih kecil ya, Moms.

Kunyit

Kunyit juga cukup sering ditemukan dalam kotak bumbu dapur di rumah. Bumbu ini dapat meningkatkan kekebalan anak karena mengandung kurkumin, yang merupakan antioksidan yang baik. Selain dalam masakan, Moms juga bisa membuat teh atau susu kunyit untuk anak sebelum tidur, khususnya di musim hujan ini, karena dapat membantunya tidur lebih nyenyak dan melawan infeksi. 

Baca Juga : Pengobatan Rumah Mengatasi Flu Di Musim Hujan

Tahu

Tahu adalah makanan yang mudah ditemukan di pasar, kandungan kalsium, zat besi, dan asam aminonya bisa melengkapi nutrisi anak dan menjaga kesehatannya di musim hujan ini, Moms.

Sementara makanan yang sebaiknya dihindari di musim hujan adalah:

Makanan berminyak dan gorengan

Makanan berminyak dan yang digoreng termasuk makanan yang tidak terlalu sehat karena memperlambat saluran pencernaan. Selama musim hujan, penting untuk memiliki sistem pencernaan yang sehat. Walau sulit menghindari makanan satu ini, setidaknya batasi konsumsinya ya, Moms.

Ikan dan seafood

Di musim hujan, kualitas ikan sedikit menurun karena kelembapan yang meningkat. Di musim hujan juga merupakan momen di mana sebagian besar ikan berkembang biak yang dapat berdampak pada rasa dan kualitas ikan yang Moms konsumsi.

Baca Juga : Efek Samping Minyak Ikan Jika Dikonsumsi Terlalu Sering

Makanan asin

Selama musim hujan, mengonsumsi makanan asin meningkatkan kemungkinan retensi air atau edema, yaitu kondisi di mana tubuh mengalami kelebihan cairan yang dapat menyebabkan anak lesu. Dianjurkan untuk menggunakan garam secukupnya dalam masakan, Moms, jangan sampai berlebihan, terutama saat cuaca lembap seperti ini.

Sayur dan buah mentah

Selama musim hujan, buah dan sayuran lebih mudah terkena kotoran dan lumpur dibanding biasanya, sehingga lebih sulit untuk membersihkannya. Bila Moms terbiasa mengonsumsi buah atau sayur dalam keadaan mentah, selama musim hujan ini sebaiknya dicuci dengan benar dan sajikan dalam bentuk matang untuk sayur, dan dibuat jus untuk buah.

Minuman ringan/bersoda

Minuman bersoda mengurangi jumlah mineral dalam tubuh yang menyebabkan penurunan aktivitas enzim. Salah satunya dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan pada anak, dan membuatnya jatuh sakit.