Menurut sebuah artikel ilmiah yang diterbitkan di Porto Biomedical Journal, melakukan aktivitas di luar ruangan mempunyai banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. Maka dari itu anak-anak disarankan untuk rutin bermain di luar rumah. 

Namun mungkin Moms bertanya-tanya, bagaimana dengan musim hujan seperti sekarang ini? Bermain di bawah siraman hujan itu tidak masalah, kok Moms. Bahkan ada manfaatnya. Tidak percaya? Mari kita simak bersama manfaat anak main hujan-hujanan berikut ini.

Baca Juga : Hindari Penyakit Musim Hujan dengan Cara Ini

Merangsang sistem imun 

Kita hidup dalam masyarakat yang takut berlebihan pada kuman, padahal berbagai jenis kuman punya dampak yang berbeda-beda. Keseimbangan komposisi kuman di dalam tubuh dan paparan kuman di lingkungan,  justru berpengaruh penting pada imunitas anak. Dengan mengajak anak beraktivitas di luar ruangan, kita justru sedang memberikan kesempatan pada tubuh anak untuk melatih imunitasnya.

Baca Juga : Konsumsi Buah, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Musim Penghujan

Melatih fisik anak 

Bermain di bawah siraman hujan dengan berbagai aktivitas fisik tidak hanya menyenangkan, namun juga mendorong anak untuk aktif secara fisik. Anak yang terbiasa aktif akan terhindar dari risiko tinggi obesitas. Tidak hanya itu, mengajak anak melompat-lompat, berlari, dan memanjat juga berfungsi sebagai rangsangan motorik dan latihan keseimbangan. 

Memberikan pengalaman sensori yang kaya

Saat anak bermain hujan, dia akan dibanjiri berbagai pengalaman sensori, mulai dari indera penciuman, pendengaran, dan perabanya. Resi petrikor yang tercium ketika hujan jatuh di tanah yang kering, suara hujan yang bergemuruh, sensasi butiran hujan yang jatuh mengenai kulitnya, juga berbagai tekstur basah tanah, daun, dan berbagai hal yang dia temukan di luar, merupakan sebuah pengalaman sensori yang baik untuk perkembangan otaknya. 

Walaupun manfaat anak main hujan-hujanan itu banyak, Moms tetap harus memperhatikan keamanan anak saat bermain hujan. Pastikan saat bermain hujan anak sedang dalam kondisi sehat dan suhunya tidak terlalu dingin. Jika hujan turun disertai petir atau angin kencang sebaiknya tunda dulu. Pakaikan anak jas hujan dan sepatu boot untuk meminimalisasi efek dingin dan cidera. Selesai bermain hujan, jangan lupa segera mandikan anak dengan air hangat ya, Moms. Selamat berhujan-ria!

Baca Juga : 7 Tip Agar Anak Tetap Sehat Selama Musim Hujan