Memasuki musim penghujan, alangkah baiknya meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap dapat beraktivitas dengan nyaman. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya adalah asupan makanan , dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral. Ada beberapa buah yang memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut beberapa jenis buah yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh:

1. Belimbing

Buah tropis yang mengandung vitamin C dan A yang berfungsi sebagai antioksidan sekaligus dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan seratnya bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan.

2. Tomat

Tomat mengandung fitonutrien, yakni likopen dan betakaroten. Keduanya termasuk antioksidan yang kuat. Selain itu, kandungan vitamin E-nya bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan fitonutrien dan antioksidan pada tomat ini dapat meningkatkan system kekebalan tubuh, mengurangi resiko penyakit degeneratif seperti jantung koroner dan hipertensi serta mencegah penuaan dini.

3. Jeruk

Jeruk dikenal sebagai sumber vitamin C. Kandungan vitamin C pada setiap jenis jeruk bervariasi , berkisar antara 27 – 49 mg/100 gram daging buah. Kandungan vitamin C pada jeruk dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jeruk mengandung polisakarida yang membantu memperlambat proses pengosongan lambung. Sehingga konsumsi jeruk dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Selain juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Semangka

Mengandung glutathione dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain juga mengandung lycopene yang merupakan antioksidan yang bisa mencegah berbagai macam kanker. Kandungan vitamin dan mineralnya, seperti thiamin (B1), kalium dan magnesium dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

5. Apel

Apel mengandung banyak fitonutrien yang mampu memecah kolesterol jahat di dalam tubuh. Apel juga kaya serat dan vitamin C.

6. Stoberi

Mengandung antioksidan elagik yang diyakini dapat melawan radikal bebas pemicu kanker. Kandungan kalium dalam stroberi juga dapat mengendalikan tekanan darah tinggi. Stoberi juga mengandung zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.