Moms mungkin sudah tahu bahwa madu tidak direkomendasikan untuk bayi di bawah 1 tahun karena adanya risiko botulisme. Hal ini mungkin membuat Moms yang sedang hamil jadi bertanya-tanya, bagaimana madu untuk ibu hamil? Nah, mari kita simak fakta-faktanya berikut ini. 

Minum Madu Saat Hamil 

Mengonsumsi madu saat hamil adalah hal yang aman dilakukan dan tidak akan menyakiti janin yang sedang Moms kandung. Pasalnya, sebagai orang dewasa, saluran pencernaan Moms sudah bisa menangani bakteri yang bisa menyebabkan botulisme, berbeda dengan bayi yang kekebalan tubuhnya belum sempurna. Pada kasus di mana bakteri berhasil melewati pencernaannya Moms pun, penelitian menunjukkan bahwa hampir tidak mungkin bakteri tersebut akan melewati plasenta menuju janin. Bahkan pada kasus langka di mana Moms hamil akhirnya menderita botulisme, penyakit tersebut tidak terdeteksi pada bayinya. Walau begitu, jika Moms memiliki gangguan pencernaan seperti penyakit Crohn atau IBD, sebaiknya hindari madu demi keamanan. 

Konsumsi dalam Moderasi

Madu memang mengandung antioksidan, mineral, dan enzim yang baik untuk kesehatan, walau begitu madu tetaplah dihitung sebagai gula tambahan. Makanya, saat mengonsumsi madu, moderasi adalah kunci. American Heart Association menganjurkan wanita untuk tidak mengonsumsi gula tambahan lebih dari 6 sdt sehari. Bagi Moms yang mengalami diabetes gestasional, ada baiknya untuk meminimalisasi konsumsi madu dan gula tambahan lainnya. Sebab hal ini dapat meningkatkan kadar gula darah Moms. 

Manfaat Madu Saat Hamil 

Dalam beberapa studi, madu ditemukan dapat membantu asma, ketika dikonsumsi bersama dengan jintan hitam atau biji seledri. Madu juga bisa dijadikan pertolongan pertama saat Moms batuk atau sakit tenggorokan. Beberapa jenis madu juga dapat dioleskan pada luka untuk mempercepat proses penyembuhan. Madu juga kaya antioksidan yang artinya bisa memberikan dukungan pada tubuh melawan molekul radikal bebas yang bisa merusak sel sehat. 

Saat hamil, memang kita perlu untuk lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan atau minuman apa pun. Khusus untuk madu, secara umum aman untuk dikonsumsi dengan moderasi selama kehamilan. Moms bisa gunakan sebagai pengganti pemanis teh atau kue-kue yang dibuat sendiri. Namun, jika Moms punya kekhawatiran terhadap kondisi kesehatan tertentu, jangan ragu untuk coba berdiskusi dengan dokter kandungan yang merawat soal keamanannya, ya! 

Baca Juga : Kenali Perbedaan Raw Honey dan Madu Biasa