Saat hamil, Ibu benar-benar tidak bisa tidur telentang. Sayangnya, berbaring miring juga sulit karena perut serasa berguling.  Belum lagi ditambah gangguan lain, mendengkur misalnya. Dari sinilah ide awal terciptanya bantal hamil. 

Bantal hamil memang sengaja  didesain untuk digunakan oleh ibu hamil. Tujuannya untuk membantu ibu hamil merasa lebih nyaman di tempat tidur, sehingga mendapat lebih banyak istirahat. Bahkan bantal hamil ini jadi salah satu item paling penting ketika menjadi Ibu . 

Bantal hamil Ini beragam jenisnya lho Moms, yaitu:

Pregnancy body pillow 

Bentuknya memanjang dari kepala hingga telapak kaki , sehingga  memungkinkan Moms untuk bebas bergerak sampai perut Moms besar. 

U Shape 

Bantal ini berbentuk U sehingga dapat menopang tubuh Moms , terutama saat Moms ingin tidur posisi miring saat trimester kedua. 

Pregnancy wedge pillow 

Bantal ini terbilang kecil dibanding yang lain karena ini hanya untuk menopang perut dan punggung Moms. 

Pillow for stomach sleeper 

Rindu tidur tengkurap?  Saat hamil, bantal ini  solusinya. Desain bantal ini bolong di tengah, seperti donat. Yang menarik, posisi bolongnya bantal   disesuaikan dengan posisi perut. Selain itu,  bantalnya juga  bisa ditiup sehingga Moms bisa mendapatkan tingkat kenyamanan Moms saat tidur tengkurap. 

C shape full body pillow 

Desain bantal berbentuk huruf C ini akan membuat tubuh Moms nyaman bersandar saat di atas tempat tidur. Bantal ini akan membantu punggung, pinggul, lutut, leher dan pastinya perut Moms terasa relaks saat beristirahat.  Jenis bantal ini yang paling banyak dicari di marketplace. Harganya juga relatif ramah di kantong . Dulu, saya  mendapat bantal ini dari kakak ipar. Bantal yang membantu banget buat para ibu hamil yang sulit tidur.  Kekurangan bantal ini,  bentuknya besar, sehingga memenuhi hampir setengah tempat tidur. 

Baca Juga : Manfaat Buah untuk Ibu Hamil, Dari Jeruk Hingga Goji Berry

Namun, kelebihan bantal Moms, di antaranya: 

1. Menopang tubuh 

Bantal hamil yang baik bisa mengurangi tekanan pada tulang rusuk, punggung dan pinggang sekaligus,  mensejajarkan pinggang, bahu dan tulang belakang . Posisi setengah miring ditopang bantal memang yang terbaik. 

2. Meningkatkan sirkulasi darah 

Dokter merekomendasikan untuk tidur posisi miring ke kiri. Nah,  dengan bantal hamil bisa membantu punggung dan pinggang menjadi relaks, jadi memiliki dampak positif pada sirkulasi darah si ibu. 

3. Mengurangi heartburn 

Ada beberapa bumil yang merasakan sensasi panas di dada atau dikenal juga sebagai heartburn selama hamil. Hal ini bisa berkurang jika Moms merasa nyaman, seperti saat menggunakan bantal hamil .

4. Mengatasi nyeri pada tubuh

Penambahan berat selama kehamilan bisa menyebabkan stres pada bagian tubuh tertentu. Tapi dengan bantal hamil, semua rasa sakit yang Moms hamil alami tidak lagi jadi masalah. Bantal juga empuk dan menambah kenyamanan selama tidur.

Baca Juga : Tip Perawatan Setelah Melahirkan

5. Bisa digunakan setelah kehamilan 

Meski setelah melahirkan, ibu baru bisa terus menggunakan bantal hamil. Untuk menopang bayi ketika menyusui atau menopang leher dan punggung ketika beristirahat. 

Jadi jangan salah Moms, sekali membeli bantal hamil, Moms bisa menggunakannya selama bertahun-tahun. 

Sebelum membeli bantal hamil ada baiknya perhatikan faktor berikut ini : 

* Sesuaikan dengan budget 

* Pilihlah bantal yang sesuai dengan kebutuhan 

* Sesuaikan dengan ukuran kasur 

Alat ini dapat menopang tubuh, memperlancar peredaran darah, mengurangi rasa pegal dan membuat tidur ibu lebih nyenyak. Selain itu, bantal ini dapat dijadikan sebagai bantal menyusui dan pembatas tidur si Kecil setelah lahir.

Baca Juga : Hari Kesehatan Mental Sedunia, Cegah Depresi Saat Hamil