Akhir kehamilan Moms sudah akan berakhir! Perut kian membukit.  Moms sudah sepenuhnya tampak seperti ibu hamil. Proses perkembangan janin hampir sempurna. Kehadiran si Kecil dalam kandungan Moms semakin nyata. Ia mulai aktif bergerak dan melakukan tendangan. Rasanya Moms dan Dads sudah tak sabar menantikan kelahiran si Kecil. 

Trimester akhir kehamilan ini yang menjadi bulan-bulan  sibuk bagi Moms dan Dads untuk mempersiapkan kelahirannya.  Di masa ini pun menjadi  saat "sibuk" bagi proses perkembangan janin. Bayi Moms di masa ini menambah bobotnya dengan pesat. Matanya pun mulai membuka. Apalagi perkembangannya? Coba simak proses perkembangan janin dari minggu ke minggu pada trimester akhir kehamilan berikut ini: 

Minggu 28: Mata bayi terbuka sebagian

Dua puluh delapan minggu kehamilan atau 26 minggu setelah pembuahan, kelopak mata bayi  telah terbuka sebagian. Bulu mata juga telah terbentuk. Sistem saraf pusat  mengarahkan gerakan pernapasan berirama dan mengontrol suhu tubuh. Di minggu awal trimester akhir ini, bayi diperkirakan  telah memiliki panjang hampir 10 inci (25 cm) dari ubun-ubun hingga bokong dan beratnya hampir 1.000 gram.

Minggu 29: Bayi menendang dan meregang

Ini saatnya Moms dan Dads mulai merasakan gerakan dari dedek bayi. Ia mulai melakukan  ‘aksi’ menendang, meregangkan, dan membuat gerakan seperti menggenggam.

Minggu 30: Rambut bayi tumbuh

Wow… proses perkembangan janin makin terlihat jelas.  Mata  si Kecil sudah bisa terbuka lebar. Bayi Moms mungkin juga telah memiliki rambut yang bagus minggu ini. Sel darah merah pun sedang terbentuk di sumsum tulang bayi Moms.

Minggu 31: Pertambahan berat badan bayi yang cepat dimulai

Di minggu ke-31 kehamilan atau 29 minggu setelah pembuahan, bayi Moms boleh dikatakan  telah menyelesaikan sebagian besar perkembangan organ utama tubuhnya. Sekarang saatnya menambah berat badan  dengan cepat!

Minggu 32: Bayi berlatih bernapas

Di saat ini, kuku jari kaki bayi mulai  terlihat. Lapisan bulu halus dan lembut yang menutupi kulit bayi selama beberapa bulan terakhir (lanugo) mulai rontok minggu ini. Ia mulai Latihan bernapas.

Minggu 33: Bayi mendeteksi cahaya

Pada minggu ini,  pupil mata bayi dapat berubah ukuran.  Perubahan pupil ini sebagai respons terhadap stimulus yang disebabkan oleh cahaya. Tulang tubuhnya mengeras. Namun, tengkoraknya tetap lembut dan fleksibel.

Minggu 34: Kuku bayi tumbuh

Saat in kuku bayi Moms telah mencapai ujung jarinya. Panjang dan bobot bayi juga bertambah. Panjangnya mencapai  12 inci (30 cm) dari ubun-ubun hingga bokong,  dan beratnya sudah mencapai 2.100 gram

Minggu 35: Kulit bayi menghalus

Pada minggu ini kulit bayi Moms sudah tampak  menjadi halus. Tubuhnya pun sudah tampak chubby.

Minggu 36: Bayi mengambil sebagian besar kantung ketuban

Memasuki minggu ke-36 kehamilan atau 34 minggu setelah pembuahan, kondisi mulai terasa di rahim Moms. Si Kecil yang tadinya terasa bergerak bebas ke kiri, ke kanan atau ke bagian atas rahim, kini lebih sedikit bergerak. Namun, Moms mungkin masih akan merasakan banyak ia bergerak meregang, bergulung dan melakukan  goyangan.

Minggu 37: Kepala bayi mulai mengarah ke panggul

Pada saat ini bayi Moms telah memiliki genggaman yang kuat. Ia juga mulai mempersiapkan diri untuk kelahiran. Kepala bayi mulai turun ke arah panggul. Jika bayi Moms tidak mengarah ke arah panggul ini, dokter atau bidan  akan memberikan Moms beberapa latihan atau gerakan untuk mengatasi masalah ini.

Minggu 38: Kuku kaki bayi tumbuh

Di minggu ke-38 setelah kehamilan atau 36 minggu setelah pembuahan, ukuran  lingkar kepala dan perut bayi Moms hampir sama. Kuku bayi telah mencapai ujung jari kakinya. Bayi Moms  sebagian besar telah melepaskan semua lanugonya. Saat ini berat bayi telah mencapai sekitar 2.900 gram.

Minggu 39: Dada bayi menonjol

Di minggu ini,  dada bayi Moms menjadi lebih menonjol. Untuk anak laki-laki, testis terus turun ke dalam skrotum. Lemak ditambahkan ke seluruh tubuh bayi untuk membuatnya tetap hangat setelah lahir.

Minggu 40: Yes! Saat bayi lahir akan tiba

Pada minggu ke-40 atau 38 minggu setelah pembuahan, bayi Moms diperkirakan telah memiliki panjang dari kepala hingga bokong sekitar 36 cm dan berat mencapai 3.400 gram. Ini hanya perkiraaan umum ya Moms. Jangan menjadi cemas berlebihan bila ukuran bayi kurang atau melebihi ukuran tersebut.  Bayi yang sehat bisa memiliki ukuran panjang dan berat beragam.

Jangan khawatir berlebihan juga bila di minggu ke-40 ini Moms belum menampakkan tanda-tanda persalinan.  Usia 40 minggu adalah kalkulasi umum usia kehamilan.Tapi terkadang terjadi tanda-tanda bayi Moms ‘mendesak untuk menatap dunia’ itu setelah 1 atau dua minggu setelah minggu ke-40. 

Baca Juga : Wajib Tahu! Perkembangan Janin pada Trimester ke-2