Moms kesulitan memiliki waktu luang untuk berolahraga? Sulit juga mengatur pola diet? Jika itu kesulitan Moms, ada kok cara yang Moms bisa lakukan di rumah untuk menurunkan berat badan. 

Caranya: Moms jangan malas bercinta. Rajin berhubunan intim, dan tentunya menjadi pasangan yang aktif, akan banyak menguras kalori lho, Moms. Sehingga akhirnya membantu Moms menurunkan berat badan. 

Tidak percaya? Penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas seksual selama 30 menit dapat membakar rata-rata 200 kalori! Hm, lumayan sekali kan, Moms.

Selain itu, saat berhubungan intim, otak pun akan melepaskan sinyal-sinyal kimia yang dapat menurunkan nafsu makan dan mendukung penurunan berat badan.

Selain membantu menurunkan berat, ada beberapa manfaat lainnya dari rajin berhubungan intim untuk kesehatan fisik, bagi bagi Moms maupun Dads. Apakah itu?

  • Kebugaran fisik yang lebih baik

Menurut American Heart Association, aktivitas seksual setara dengan aktivitas fisik sedang, seperti jalan cepat atau menaiki dua anak tangga. Gerakan-gerakan saat bercinra dapat mengencangkan dan mengencangkan otot perut dan panggul. Khusus untuk Moms, dengan rajin bercinta akan mengalami peningkatan tonus otot meningkatkan kontrol kandung kemih.

  • Peningkatan fungsi otak

Studi awal pada tikus menemukan bahwa hubungan seksual yang rutin berkorelasi dengan fungsi kognitif yang lebih baik dan pertumbuhan sel-sel otak baru. Manfaat serupa telah diamati dalam penelitian pada manusia. Sebuah studi tahun 2018 terhadap lebih dari 6.000 orang dewasa mengaitkan rajin bercinta  dengan kinerja memori yang lebih baik pada orang dewasa berusia 50 tahun ke atas.

  • Peningkatan kekebalan tubuh

Menjadi lebih aktif secara seksual memiliki efek positif pada fungsi kekebalan. Seks teratur bahkan dapat menurunkan kemungkinan terkena pilek atau flu.

  • Tingkat rasa sakit yang lebih rendah

Endorfin dari yang keluar sewaktu bercinta bukan sekadar mengalirkan rasa nyaman.  Endorfin ini  dapat  untuk mengurangi migrain dan sakit punggung.

  • Menyehatkan jantung

Aktivitas seksual (tetapi bukan masturbasi) telah dikaitkan dengan tekanan darah sistolik yang lebih rendah, Moms. Ini akan menghindarkan Moms dan Dads mengalami hipertensi yang berisiko bagi penyakit jantung dan stroke. Mengapa ini terjadi? Karena bercinta itu dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh sekaligus mengurangi tekanan darah.

  • Manfaat fisik tambahan

Menjadi lebih aktif secara seksual meningkatkan libido dan meningkatkan pelumasan vagina. Hubungan intim yang rutin dilakukan juga membuat  masa  menstruasi terasa lebih ringan dan tidak terlalu menyakitkan. 

Selain itu, menjadikan indera penciuman yang lebih baik, gigi yang lebih sehat, pencernaan yang lebih baik, dan kulit yang bercahaya. Semua ini mungkin terkait dengan pelepasan DHEA oleh tubuh setelah berhubungan seks. 

Baca Juga : Manfaat Bercinta Secara Psikologis