Kotak P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan) perlu dipersiapkan di rumah untuk mengatasi kondisi darurat, Moms Kotak ini berisi berbagai barang atau obat yang dibutuhkan untuk pertolongan atau bantuan pertama dalam keadaan darurat. 

Dengan memiliki kotak ini, Moms tidak perlu panik mencari atau bahkan keluar rumah untuk membeli obat-obatan yang dibutuhkan. Sehingga Moms tidak akan membuang waktu dalam memberikan pertolongan pertama. Pasalnya, pertolongan pertama ini menjadi cara yang berharga untuk menghindarkan kegawatdaruratan. 

Setiap rumah, sebaiknya memiliki kotak P3K. Bila Moms memiliki anak yang masih bayi maupun balita, Moms juga perlu kotak P3K Khusus untuk si Kecil. 

Ada beberapa alasan, si Kecil butuh kota P3K khusus, yaitu: 

  • Karena bayi dan balita rentan mengalami cidera atau sakit. Ini bisa terjadi kapan saja, Moms. Seringkali di waktu yang Moms sama sekali tak menduganya. 
  • Ada banyak kondisi dan penyakit umum yang mungkin dialami bayi baru lahir dan bayi yang lebih besar selama tahun pertama dan seterusnya, termasuk perut kembung, hidung tersumbat, demam, dan nyeri saat tumbuh gigi.
  • Meskipun Moms sudah memiliki kotak P3K bagi keluarga, tapi banyak obat-obatan dan perlengkapan di kotak P3K yang tidak diformulasikan untuk bayi atau balita. 

Jadi, selain P3K keluarga, Moms juga perlu kotak P3K khusus si Kecil. Sebaiknya siapkan beberapa kotak P3K khusus anak ini  untuk Moms tempatkan di rumah, di dalam tas bepergian bersama si Kecil, dan di dalam mobil.

Isi  wajib kotak P3K untuk bayi baru lahir

  • termometer rektal (semakin cepat kemampuannya mendeteksi suhu, semakin baik bagi anak)
  • gunting kuku
  • kain kasa atau bola kapas cotton
  • tetes garam
  • aspirator hidung

Namun, kotak pertolongan untuk bayi yang lebih besar (lewat usia 6 bulan) akan sedikit berbeda.  Jadi, Moms harus memperbarui isi P3K khusus ini  sesuai dengan usia bayi yang melewati 6 bulan. 

Berikut saran isinya: 

- Parasetamol atau Asetaminofen atau ibuprofen untuk pereda demam atau nyeri

- Diphenhydramine oral (seperti merek Benadryl)  untuk reaksi alergi

- Perban

- Tisu alkohol dan pembersih tangan

- Salep antibiotik

- Kasa, selotip, dan gunting medis kecil

- Sarung tangan

Selain obat-obatan di atas, juga masukkan pula obat-obatan yang memang dibutuhkan si Kecil, dan terbukti cocok. Buat daftarnya, terutama untuk masa kadaluarsanya.  Ada baiknya untuk mengisi kota P3K khusus anak ini, Moms bertanya kepada  dokter anak langganan. Karena, beliau  yang paling  memahami kebutuhan medis si Kecil. 

Selain mempersiapkan kotak P3K, Moms juga perlu melakukan latihan untuk mempelajari pertolongan pertama untuk anak. Misalnya, cara membersihkan luka atau membalut luka.

Setelah memberikan pertolongan pertama, sebaiknya segera hubungi dokter anak untuk mengonsultasikan gejalanya. Tak perlu buru-buru ke rumah sakit.  Sekarang ini sudah banyak layanan telemedicine untuk membantu Moms mengatasi keadaan yang dialami si Kecil.  

Namun, bila suhu rektal si Kecil melebihi 38°C, jangan buang waktu ya, Moms. Ini adalah salah satu kondisi  yang membuat si Kecil harus segera mendapatkan pertolongan dari dokter di klinik atau rumah sakit. 

Baca Juga : Daftar Isi Kotak P3K yang Harus Ada di Rumah