Tahukah Moms, Indonesia menghasilkan 67,8 ton juta sampah setiap tahunnya? Banyak sekali, ya? Kebanyakan sampah ini juga tidak terolah dengan baik dan berakhir di laut. Apakah Moms juga tahu, pakaian atau limbah fesyen adalah salah satu penyumbang terbesar sampah yang berakhir di laut ini. 

Nah, apa yang kira-kira kita bisa dilakukan untuk mengurangi kerusakan akibat limbah tekstil ini pada alam? Salah satunya adalah dengan cara mendaur ulang. Bagaimana cara mendaur ulang pakaian? Moms bisa mencoba cara-cara di bawah ini. 

Baca Juga :Cara Menanam Ulang Sampah Makanan

Donasi 

Ada banyak lembaga yang menerima donasi baju bekas layak pakai atau pun tidak yang nantinya akan menyalurkan ke yang membutuhkan atau mendaur ulangnya menjadi produk lain. Beberapa lembaga ini bahkan menawarkan jasa jemput ke rumah. Salah satu organisasi yang bisa Moms coba hubungi untuk donasi baju bekas ini adalah Zero Waste Indonesia. 

Menjualnya 

Sudah banyak platform marketplace digital yang memberikan kesempatan pada penggunanya untuk menjual barang-barang bekas mereka yang masih bagus. Apalagi jika pakaian yang Moms punya adalah barang bermerek, bekasnya pun masih banyak yang melirik. Pakaian si Kecil pun yang biasanya hanya terpakai sebentar masih akan sangat laku jika Moms jual secara daring ataupun dari teman ke teman. 

Menjadikannya Kompos 

Tidak hanya sampah dapur saja lho, Moms, yang bisa dijadikan kompos. Sampah tekstil pun bisa dijadikan bahan kompos. Bahan-bahan kain serat alami seperti katun, wol murni, linen, dan sutra bisa terurai di dalam kompos. Jangan lupa untuk dipotong kecil-kecil untuk mempercepat proses penguraiannya. 

Memanfaatkan Ulang 

Pakaian lama yang bahannya menyerap air seperti katun bisa dimanfaatkan sebagai lap atau bisa menjadi alas tidur hewan peliharaan di rumah. Pakaian berbahan kaos atau rajut juga bisa didaur ulang menjadi boneka. Atau bisa juga jika Moms sempat, pakaian bekas bisa disulap dengan teknik quilting dan menjadikannya selimut, taplak meja, keset, atau bahkan sprei. Nah itu dia beberapa tips mendaur ulang pakaian yang ada di rumah, Moms. 

Selain mendaur ulang pakaian, berbelanja fesyen seperlunya juga bisa dijadikan opsi untuk mengurangi limbah tekstil, Moms. Selamat mencoba!