Daging kambing merupakan salah satu sumber protein yang digemari oleh banyak orang, meski dalam pengolahannya, untuk mendapatkan daging yang empuk  membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, tantangan memasak daging kambing adalah menghilangkan aroma tak sedap atau bau prengus. Aroma ini tentunya mengurangi kenikmatan saat menyantap daging kambing. Biasanya bau prengus lebih kuat pada kambing jantan karena adanya zat feromon. 

Untuk mengurangi bau prengus ini, simak cara mengolah daging kambing berikut ini: 

Jangan Mencuci Daging 

Berbeda dengan daging yang lain yang harus dicuci terlebih dahulu sebelum diolah, untuk daging kambing, Moms bisa langsung cemplungkan daging ke dalam rebusan atau rempah bumbu. Pasalnya, daging kambing yang dicuci malah dapat mempertajam bau prengus dan membuat tekstur daging menjadi alot atau keras. 

Buang Lemaknya 

Lemak yang menempel pada daging memang memberi rasa gurih. Namun pada daging kambing,  sebaiknya dibuang untuk mengurangi bau prengus. 

Beri Perasan Jeruk Nipis 

Fungsi jeruk nipis selain menghilangkan bau, juga membantu membunuh bakteri. Moms  cukup membalurkan perasan jeruk nipis ke seluruh daging dan diamkan selama kurang lebih 30 menit 

Balur dengan Garam 

Marinasi daging kambing dengan garam. Cara ini selain memberikan rasa juga dapat menghilangkan bau prengus dan amis. Caranya cukup baluri daging dengan garam dan diamkan selama kurang lebih 60 menit. Garam yang meresap akan menetralkan bau dari darah kambing. 

Bungkus Daun Pepaya 

Daun pepaya juga efektif dalam mengurangi bau prengus pada daging kambing. Caranya cukup dengan membungkus dan meremas daging kambing yang akan dimasak dengan daun pepaya dan diamkan selama 60 menit. 

Beri Parutan Nanas 

Cukup parut satu buah nanas kemudian balurkan ke seluruh permukaan daging dan remas daging. Setelahnya diamkan daging selama kurang lebih 30 menit. 

Rebus Daging dengan Cuka 

Rebus kambing pada air yang diberi cuka selama beberapa saat sebelum dimasak atau dibumbui 

Rendam dengan Rempah 

Moms juga menggunakan rempah atau bumbu dapur seperti daun jeruk, bawang putih, dan ketumbar untuk mengurangi bau prengus. Caranya, rendam daging kambing dengan campuran ketiga bahan tersebut selama kurang lebih 30 menit. Mom juga bisa menggunakan daun jahe, serai, dan kemangi sebagai air rempah rebusan. 

Mengolah daging kambing 

Salah satu olahan favorit daging kambing adalah tongseng. Berikut resepnya: 

Bahan : 

400 gram daging kambing, bersihkan

 4 lembar daun salam 

1 liter air

 800 ml santan cair  

1 batang serai, memarkan 

2 cm lengkuas, memarkan 

150 gram kol, potong-potong 

3 siung bawang merah, iris tipis 

4 buah cabai rawit merah, potong-potong 

1 buah tomat merah, potong 

2 sdm kecap manis 

4 sdm minyak goreng 

Bumbu halus: 

4 bawang merah 

3 bawang putih 

4 butir merica 

3 butir kemiri sangrai 

3 cm kunyit bakar 

2 cm jahe 

1 sdt ketumbar 

1,5 sdt garam 

Cara membuat : 

-Rebus daging kambing dengan cuka agar tidak bau hingga matang.Sisihkan.

- Rebus santan, lalu tambahkan bumbu halus dengan daun salam, serai, dan lengkuas. Sisihkan. 

-Panaskan minyak di dalam wajan, lalu tumis bawang merah, cabai rawit merah, dan daging kambing hingga harum. Tambahkan kol ke dalam tumisan, biarkan hingga kol layu. 

-Tambahkan kecap, aduk hingga rata. 

-Tuang kuah santan, tunggu hingga santan mendidih. 

-Tambahkan daun bawang dan tomat. 

-Setelah matang, angkat dan sajikan.  

Selamat mecoba...

Baca Juga :Cara Mengolah Daging Agar Tidak Alot dan Amis