Akhir-akhir ini mungkin Moms jadi sering mendengar istilah probiotik. Terlebih di tengah pandemi, ketika orang-orang mulai banyak hijrah ke gaya hidup sehat demi terhindar dari infeksi covid19. Namun, apakah Moms tahu apa probiotik itu? 

Probiotik adalah mikroorganisme yang memiliki manfaat kesehatan bagi inangnya, yang sering juga disebut sebagai bakteri baik. Manfaat kesehatan probiotik mulai dari meningkatkan respons  imun tubuh, memperbaiki pencernaan, hingga membantu mengurangi depresi. Untuk mendapatkan kebaikan dari probiotik ini, Moms bisa menggunakan banyak suplemen kesehatan yang tersedia bebas di pasaran. 

Walau begitu, ternyata kita juga bisa mendapatkan manfaat probiotik dari makanan lho, Moms. Bahkan beberapa di antaranya mudah untuk dibuat di rumah. Mau tahu apa saja makanan yang mengandung probiotik yang mudah dibuat di rumah? Mari kita simak bersama. 

Yogurt

Makanan yang mengandung probiotik biasanya adalah makanan-makanan yang telah melalui proses fermentasi,  dan yogurt mungkin adalah makanan fermentasi yang paling populer di dunia. Yogurt dibuat dengan memfermentasikan susu dengan bakteri asam laktat dan bifidobacteria. Yogurt cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang mengalami intoleransi laktosa karena bakteri hidup pada yogurt telah memecah laktosa pada susu sehingga menjadi lebih mudah dicerna. 

Yogurt mudah dibuat di rumah dengan memakai starter dari yogurt yang sudah ada. Tapi jika Moms harus membeli yogurt di pasaran, pilihlah produk dengan komposisi paling sedikit: hanya susu dan kultur bakteri. Hindari yogurt dengan banyak aditif dan gula tambahan karena justru akan kontraproduktif dengan tujuan awal mengonsumsinya. 

Tempe

Siapa sih di Indonesia yang tidak tahu tempe? Olahan kedelai yang nikmat ini merupakan hasil fermentasi biji kedelai dengan jamur. Proses fermentasi tempe membuat kacang kedelai menjadi lebih gampang dicerna dan menghasilkan tambahan vitamin B12 yang sebelumnya tidak dipunya kedelai. Jadi selain sumber protein nabati yang baik, tempe juga merupakan sumber probiotik murah meriah untuk Moms sekeluarga yang mudah dibuat di rumah. 

Pickle atau Acar

Acar di sini bukanlah sayuran yang direndam dengan cuka. Tapi sayuran yang difermentasi menggunakan air dan garam. Sayuran yang direndam dengan larutan air dan garam dan dibiarkan selama beberapa waktu akan terfermentasi melalui bantuan bakteri asam laktat dan membuatnya menjadi asam. Tapi jika Moms menggunakan cuka, acar yang terbentuk tidak akan memiliki koloni probiotik yang baik untuk kesehatan. 

Nah, tiga makanan di atas adalah contoh makanan yang mengandung probiotik yang mudah dibuat di rumah. Adakah yang pernah Moms coba buat sendiri? 

Baca Juga : Anjuran Nutrisi Selama Pandemi Menurut WHO